PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • arif rahman hakim Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3218

Keywords:

Problem Based Learning (PBL) soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS)  terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen dengan desain true-eksperimental design dalam bentuk posttest only control design. Data dianalisa dengan menggunakan uji-t dan didapatkan hasil  t-hitung  >  t-tabel (3, 777 > 2, 018), jadi hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran PBL berbantuan soal HOTS terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN 2 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.

References

DAFTAR RUJUKAN

B. S. N. Pendidikan, “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,†Jakarta Dep. Pendidik. Nas., 2006.

B. S. N. Pendidikan, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007,†Jakarta BSNP, 2007.

I. Bafadhol, “Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia,†Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 11, p. 14, 2017.

N. Suryani, S. Aminah, and Y. I. Kusumastuti, “Analisis Pendidikan Formal Anak pada Keluarga Nelayan di Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat,†Bul. Ekon. Perikan., vol. 5, no. 2, 2004.

S. Judiani, “Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum,†J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 9, pp. 280–289, 2010.

D. Zuchdi, “Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar,†J. Cakrawala Pendidik., vol. 1, no. 3, 2010.

I. Syafe’i, “Tujuan Pendidikan Islam,†Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 151–166, 2015.

M. P. D. A. N. K. R. INDONESIA, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,†2013.

A. R. Hakim and D. Fadilah, “Komparasi Metode Cooperative Tipe Struktural Dyadic Methods Dengan Metode Cooperative Riview Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar,†J. DIDIKA Wahana Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 10–16, 2019.

M. A. Ramdhani, “Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter,†J. Pendidik. UNIGA, vol. 8, no. 1, pp. 28–37, 2017.

D. P. Sari, “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran,†Islam. Couns. J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 1, no. 1, pp. 1–24, 2017.

A. Amirudin and U. Widiati, “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar,†2017.

E. Yanuarti, “Pemikiran pendidikan ki. Hajar dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13,†J. Penelit., vol. 11, no. 2, pp. 237–265, 2017.

B. Kartowagiran, “Kinerja guru profesional (Guru pasca sertifikasi),†J. Cakrawala Pendidik., vol. 3, no. 3, 2011.

M. A. HM, “Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching,†Ekspose J. Penelit. Huk. dan Pendidik., vol. 16, no. 2, pp. 469–480, 2019.

N. Kesumawati, “Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika,†Semnas Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, pp. 231–234, 2008.

A. H. Abdullah, N. L. Z. Abidin, and M. Ali, “Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction,†Asian Soc. Sci., vol. 11, no. 21, p. 133, 2015.

S. Riyanto and A. A. Hatmawan, Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish, 2020.

Downloads

Published

2021-01-29

Issue

Section

Articles