PELAKSANAAN KURIKULUM KBK HINGGA KURIKULUM 2013 DI SDN BERAN 4 NGAWI

Authors

  • Trio Gusti Mardhika STKIP Modern Ngawi
  • Tri Wardati Khusniyah STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3436

Keywords:

Kbk, Ktsp, Kurikulum, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui implementasi KBK, KTSP, dan kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan di SDN Beran 4 Ngawi. Subyek penelitian adalah 10 orang guru yang memiliki pengalaman mengajar minimal 20 tahun dan sudah pernah melaksanakan ketiga kurikulum tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru di SDN Beran 4 Ngawi tentang konsep dasar KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013 masih  sangat kurang, guru membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyikapi setiap perubahan kurikulum, dan implementasi ketiga kurikulum tersebut di SDN Beran 4 Ngawi belum terlaksana secara maksimal.

References

P. Indonesia, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.†Sekretariat Negara, 2003.

O. Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

N. S, Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

M. Asri, “DINAMIKA KURIKULUM DI INDONESIA,†MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, vol. 4, no. 2, pp. 192–202, 2017.

B. Depdiknas, “Naskah Akademik Rancangan KBK.†Depdiknas, 2003.

E. Widuri, “PERBANDINGAN PENGAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN KBK (KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI) DAN KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN),†Basasastra, vol. 1, no. 1, p. 11, 2012, doi: https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.197.

E Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

F. Wahyuni, “KURIKULUM DARI MASA KE MASA,†Al Adabiya, vol. 10, no. 2, pp. 231–242, 2015.

L. Hakim, “ANALISIS PERBEDAAN ANTARA KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013,†JID, vol. 17, no. 2, pp. 280–292, 2017, doi: 10.22373/jid.v17i2.1644.

Pemerintah Indonesia, “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.†Sekretariat Negara, 2006.

I. Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Downloads

Published

2021-01-29

Issue

Section

Articles