PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3554Keywords:
pembelajaran, pendidikan karakter, kearifan localAbstract
Kearifan lokal banyak mengandung nilai luhur budaya bangsa yang masih kuat menjadi identitas karakter warga masyarakatnya. Namun disisi lain, nilai kearifan lokal sering kali diabaikan, karena dianggap tidak sesuai dengan perkembangan zamannya. Padahal nilai-nilai dalam kearifan local dapat kita jadikan tameng kehidupan. Dengan nilai-nilai yang terkadung dalam pembelajaran seni tari ini dapat meningkatkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar.References
Asfuri, Ninda (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di era globalisasi melalui penerapan model Brain Based Learning.
Daniah, D. (2016). Kearifan lokal (local wisdom) sebagai basis pendidikan karakter. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2).
Fadillah, N. (2014). Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal, 15.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Sisdiknas, U. U. (2013). Permendiknas Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Fokusmedia.
Syakhruni, S. (2019, December). Pembelajaran Seni Tari Sebagai Pendidikan Karakter. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.