PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KUPANG

Authors

  • Halija Halija PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Fenny Tanalinal Khasna PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Arifin Arifin PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3786

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), RME, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dan (2) mengetahui nilai uji kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan; (1) angket, (2) observasi, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan uji kelayakan dari ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) kelas IV; (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rerata skor 3,55 yang termasuk kategori layak.

References

D. Arifin, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,†Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, vol. 1, no. 1, pp. 22–30, 2020.

R. A. Rizqy Amelia and H. Suryadin, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas Iv Melalui Model Pogil Dilengkapi Peta Pikiran,†MEDIA BINA ILMIAH, vol. 14, no. 11, pp. 3449–3454, 2020.

A. Ummu, S. Sunimbar, and U. Uslan, “The Improvement of Science Learning Outcomes of Primary School Students Through the Model of POGIL-Supplemented With the Student Worksheet,†Atlantis Press, vol. 1, no. 1, pp. 181–188, 2020.

H. Suryadin and A. Arifin, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar,†PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 62–69, 2020.

M. Dian and A. Ummu, “Implementation of 21st-Century Learning on Psychomotor Learning Outcomes in Science Materials With Learning Motivation as Co-Variable,†Atlantis Press, vol. 1, no. 1, pp. 37–40, 2020.

A. Tri, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV,†Jurnal Pelangi, vol. 9, no. 2, pp. 150–160, 2017.

S. P. Didik, “Berbagai alternatif model dan pendekatan dalam pembelajaran matematika,†Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 39–45, 2007.

A. Ummu, H. Suryadin, and U. Uslan, “The Influence of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Model Assisted by Realia Media to Improve Scientific Literacy and Critical Thinking Skill of Primary School Students,†European Journal of Educational Research, vol. 9, no. 4, pp. 1635–1647, 2020.

D. P. L. Eneng and A. A. Ekasatya, “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME,†Jurnal Teori dan terapan Matematika, vol. 17, no. 1, pp. 1–12, 2018.

A. Asmiati, L. Nurdiyah, and U. Uslan, “Morphological and Anatomical Characteristic Kinship of Faloak Plant (Sterculia quadrifida R. Br) as Learning Source for Morphology and Anatomy of Plant Course Based on Local …,†Atlantis Press, vol. 1, no. 1, pp. 72–75, 2019.

U. Uslan, B. K. Ivo, and M. Abdul Syahrir, “Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan,†Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2018.

A. Juventus Donohulu and H. Suryadin, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar,†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2020, Universitas Muhammadiyah Malang, vol. 1, no. 1, 2020.

Downloads

Published

2021-01-29

Issue

Section

Articles