ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERORIENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SISWA KELAS 4 SD DI GUGUS VI KECAMATAN BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3814Keywords:
Menulis, GLSAbstract
Penelitian ini bertujuan (a) mendeskripsikan penyelenggaraan GLS dan b) keterampilan menulis narasi siswa kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Bangli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Bangli tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: 1) wawancara, 2) kuesioner, 3) observasi kegiatan GLS, dan 4) dokumentasi. Analisis data terdiri atas 1) reduksi, 2) penyajian, dan 3) simpulan. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan GLS di SD Gugus VI Kecamatan Bangli sudah berjalan dengan baik. Keterampilan menulis narasi kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Bangli tergolong sangat baik.
References
Buku
Abbas, Saleh. 2006 . Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, Henri Guntur.2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.
Jurnal
Dewantara, I Putu Mas dan Ade Asih Susiari Tantri. 2017. “Keefektifan Budaya Literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk Meninkatkan Minat Bacaâ€. Journal of Educational Research and Evaluation . Vol 1, No 4. Online. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/12054v .
Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44.
Wiratsiwi, W. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.
Numertayasa, I. W. W., Tristiantari, N. K. D., & Suardana, I. P. O. (2020). PENGEMBANGAN PELAYANAN DASAR PENDIDIKAN DI DESA BINYAN (DESA PILOT TAHUN 2018) MELALUI PENGINTEGRASIAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN POJOK LITERASI DI SD NEGERI 2 BUAHAN. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 629-636.
Artikel/Modul/Diktat
Eriyani, N. D. (2020, January 8). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. https://doi.org/10.31219/osf.io/439fd
Prosiding/Artikel Seminar
Numertayasa, I. W., Suardana, I. P. O., & Adiwijaya, P. A. (2020, December). The Effect of Literacy Pattern and Mother Tongue on the Language Learning Ability during Learning from Home. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 310-315). Atlantis Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.