AKSELERASI SEKTOR PENDIDIKAN DI KABUPATEN BIMA

Authors

  • Arsyad Abd. Gani PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3975

Keywords:

Akselerasi Pendidikan

Abstract

Pendidikan di Kabupaten Bima hendaknya memiliki standar kualitas yang harus dicapai dalam lima tahun mendatang dengan meletakkan patokan-patokan terstandar pada setiap tahapnya. Penanganan pendidikan tidak boleh lengah dan berjalan  secara linear  (struktural)    tanpa ada  perubahan  yang  secara  sadar ditetapkan dan yang paling penting adalah atas konvensi (kesepakatan) semua pihak. Kebutuhan akselerasi yang dimaksud adalah penyelenggaraan layanan prima di Kabupaten Bima mencakup marwah dan esensi pendidikan itu sendiri, bentuk dan isi, pendidik dan tenaga kependidikan, pembelajaran dan penilaian, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola yang selanjutnya akan dielaborasi dalam beberapa sub tema berikut: 1) Reformasi Birokrasi; 2) Penyegaran; 3) Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pendidikan; 4) Pembiayaan Pendidikan; 5) Pemberdayaan Masyarakat, Dunia Usaha, Dunia Industri

References

Arcaro, Jerome S., 2007. Pendidikan Berbasis Mutu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Caiden, G.E.1969. Administrative Reform, Aldine, Chicago, Illinois

Heckman, J. 2000, Policies to Foster Human Capital, Irving B. Harris Graduate School of Public Policy Studies, University of Chicago, Ill.

Levacic, R. 1995. Local Management of School: Analysis and Practice. Hongkong: Open University Press.

Owen, G Robert, 1991. Organizational behavior in Education, Boston, Mas: Allyn and Bacon,Inc.,

Stinger, Robert, 2002. Leadership and Organizational Climate: The Cloud Chember Effect, UpperSaddle River , NJ: Prentice Hall,

Wirawan, 2008. Budaya dan Iklim Organisasi, Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2021-01-29

Issue

Section

Articles