PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ichsan Mubarak Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5199

Keywords:

Problem Based Leraning Keliling Dan Luas Bangun Datar Dan Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II dan ke siklus III. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 87,% dengan kualifikasi sangat baik (A) meningkat menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II dan meningkat menjadi 92,5 % pada siklus III dengan kualifikasi sangat baik (A). Pada hasil observasi dari aspek guru siklus I rata-rata 73,1% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 87 % dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II dan meningkat menjadi 96 % pada siklus III dengan kualifikasi sangat baik (A). Pada hasil obsevasi dari aspek peserta didik siklus I rata-rata 64,2% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 78 % dengan kualifikasi s baik (B) pada siklus II dan meningkat menjadi 88,85 % pada siklus III dengan kualifikasi sangat baik (A). Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh persentase 62,1 % dengan kualifikasi kurang (D) meningkat menjadi 89,2 % dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II dan meningkat menjadi 94,6 % pada siklus III dengan kualifikasi sangat baik (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar dan hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV Disekolah Dasar.

References

Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-ruzz Media

Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pembelajaran Matemtika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 182.s

Heruman. (2016). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajarsan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Irawati, Warta Riana. (2012). Alternatif Pembelajaran dengan menggunakan SAVI untuk Meningkatkan Pemahaman siswa SD/MI terhadap Materi Membandingkan Pecahan Sederhana. Jurnal Pendidikan Dasar.

Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana

Sani, Abdullah, Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana,Nana.2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Uantitatif Dan R&D. Cetakan Ke-17. Bandung: Alfabe

Downloads

Published

2021-10-25

Issue

Section

Articles