PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5215Keywords:
Media Powert Point, Pemahaman SiswaAbstract
Abstrak; Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi secara maksimal menggunakan media Microsoft Power Point. Penelitian tindakan kelas siklus I dan II. Subjek siswa kelas IV SD Inpres Gudang Arang. Teknik yang digunakan pengumpulan data tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada siklus II terlihat pada diagram. ketuntasan hasil belajar siswa 88% atau 22 siswa mendapat nilai > 70 yang tidak tuntas sebesar 12% 3 siswa memiliki nilai < 70. Rata¬-rata secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 21 dari siklus I yaitu 69 menjadi 78 pada siklus II.References
Aqib Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Yrama widya
Arikunto Suharsimi, 2007 , Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad, 2009, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hutabalian, Erika, 2012, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UNESA Surabaya.
Jurnal Ilmiah Pendidikan, Cakrawala Pendidikan, LPM Universitas Negeri Jogyakarta.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Anggraeni), 2012 Penerapan Media Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenai Huruf Vokal Bagi Anak Tuna Rungu.
Masnur Muslich, 2010, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta, Bumi Aksara.
Nugroho Sri, 2007, Buku IPS BSE Jilid III, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Purnomo, Catur Hadi, 2010, Presentasi Kreatif dengan Power Point : Gagas Media Jakarta.
Sadiman, 2009, Buku IPS BSE Jilid III, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Sadiman Arief, 2008, Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana, 2011, Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Supriatna, Nana, 2008, Modul Bahan Belajar Pendidikan IPS di SD, Universitas Terbuka.
Suryabarata, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sri Nugroho dkk, 2008, Buku IPS BSE Jilid III, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Wahab Azis, 2009, Metode dan Model-model Mengajar IPS, AlfaBeta, bandung.
Wayan Santyasa, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif, FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar.
Widyantini,dkk, Penerapan Pendekatan kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika, Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan tenaga Kependidikan (PPPPTK), Jogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.