PENGGUNAAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5216Keywords:
Media Realia, Hasil Belajar, Peserta DidikAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media realia pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Merauke. Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I dan Siklus II. Hasil siklus I 2,87 dan siklus II 3,53 sangat baik, aktivitas siswa pada siklus I 2,40 dan siklus II 3,40 kategori baik dan hasil belajar. Siklus I 64,9 kategori baik dan siklus II 71,83 kategori baik. Siklus I 53,33 dan siklus II 100% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, hal tersebut meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan panas.References
Nashar (2003) Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Dela Press
Trianto (2007) Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka
Asra, Deni Darmawan dan Cepi Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Endriani, Ani. (2011). Jenis-jenis Media.. http://aniendriani.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis media.html. (diakses tanggal 5 Februari 2020.
A. S. P. Oyarzo, M. A. P. Vargas, J. E. R. Reyes, R. S. Ramirez, Realia and Vocabulary Learning among Young Learners (Universidad de Magallanes, Facultated de Humanidades, Departamento de Educación, Chile, 2008
Jihad, A dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Wiriaatmadja Rochiati (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwanti, Endang. Dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Sudjono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: Graha Ilmu
M. R. Awaliya, M. Ariani, M. A. Andayani, The effect of using real objects or realia on the eight grade students’ descriptive paragraph writing achievement at SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember in 2013/2014 academic year (Universitas Jember, Jember, 2014)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.