HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDIT GUNUNG JATI PERUMNAS KARAWACI KOTA TANGERANG

Authors

  • siti rahmawati siti rahmawati Univetsitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Latifah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5504

Keywords:

minat baca, kemampuan membaca pemahaman

Abstract

: Penelitian ini membahas tentang hubungan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDIT Gunung Jati Perumnas Karawaci Kota Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SDIT Gunung Jati Perumnas Karawaci Kota Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDIT Gunung Jati yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca dan tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Teknik analisis Product Moment. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis yang dilakukan oleh peneliti dengan Uji Koefisien Korelasi yang diperoleh adalah 0,004, sedangkan Uji Signifikan Koefisien Korelasi (Uji-t) thitung  > ttabel. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima  pada rxy= 0,016 artinya penelitian ini berhasil menguji kebenaran hipotesis yaitu bahwa minat baca memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDIT Gunung Jati Perumnas Karawaci Kota Tangerang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa minat baca dan kemampuan membaca pemahaman berada pada kategori sangat rendah. thitung 0,016 > ttabel 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 ditolak. Hubungan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sebesar 0,016%. Hal ini berarti meningkat atau menurunnya minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV.

References

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Farid Rahim. (2018). pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2017). aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta Selatan: Ufuk Press.

Tampubolon. (2015). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles