PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6101Keywords:
Pembelajaran Probing Promting, Motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar pada muatan IPS siswa kelas IV di SD Negeri 3 Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group ptetest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 20 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Borok Toyang. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,8745>0,1734) hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar pada muatan IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022.References
Akbar Sa’dun. (2013). Intrumen Prangkat Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Ami Septina Lestari, Mijahamuddin Alwi, Arif Rahman Hakim. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Base Learning (PBL) Berbantuan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Masbagik Utara. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4, No. 1, Hal 1-6.
Arif Rahman Hakim, Saprudin Jauhari, Nita Sugawa. (2020). Pengaruh Bacaan Sastra Anak Terhadap Perkembangan Intelektual Bahasa siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 2, Hal 87-91.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada media Group.
Viola, V.,N., & Kriswandani. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dariself Efficacy. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Volume 8, Nomor 2, hal. 189-196.
Wahab. (2012) Metode Dan Model-Model Mengajar, Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.