PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 TELOGOTUWUNG BLORA
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6378Keywords:
laboratorium virtual, hasil belajar, pemanfaatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SDN 1 Telogotuwung Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 16 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Kelas eksperimen terdiri dari 8 siswa dengan pembelajaran laboratorium virtual dan kelas kontrol terdiri dari 8 siswa dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai 71,25.References
T. Triwiyanto, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
S. Sutrisno, Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.
R. Setiadi and A. A. Muflika, “EKSPLORASI PEMBERDAYAAN COURSEWARE SIMULASI PhET UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA,†JPMIPA, vol. 17, no. 2, p. 258, Jan. 2015, doi: 10.18269/jpmipa.v17i2.270.
I. Nurrokhmah and W. Sunarto, “PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABS BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA,†Chemistry in Education, vol. 2, no. 1, pp. 200–207.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabbeta, 2008.
P. Jagodziński and R. Wolski, “THE EXAMINATION OF THE IMPACT ON STUDENTS’ USE OF GESTURES WHILE WORKING IN A VIRTUAL CHEMICAL LABORATORY FOR THEIR COGNITIVE ABILITIES,†PEC, vol. 61, no. 1, pp. 46–57, Oct. 2014, doi: 10.33225/pec/14.61.46.
H. Hermansyah, G. Gunawan, and A. Harjono, “PENGARUH PENGGUNAAN LABORATOIUM VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR PESERTA DIDIK,†JPFT, vol. 3, no. 2, p. 249, Dec. 2017, doi: 10.29303/jpft.v3i2.420.
E. Sumargo and L. Yuanita, “PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) PADA MATERI LAJU REAKSI DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG,†Unesa Journal of Chemical Education, vol. 3, no. 1, pp. 119–133.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.