ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK DISKALKULIA
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.7119Keywords:
Kesulit Belajar Daring, DiskalkuliaAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah salah satu peserta didik yang berasal dari SDN Sawangan 01 Kota Depok Tahun 2021/2022. Tata cara pengumpulan data dan pencatatan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (pengambilan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmalitas untuk memperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia di SDN Sawangan 01 Menunjukan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar daring pada peserta didik diskalkulia yaitu, faktor internal dan eksternal, berasal dari dalam diri peserta didik yang kurang minat belajar apalagi terhadap matematika, ketidak mampuan peserta didik mengerjakan soal matematika dalam oprasi hitung, perkalian, pembagian, pengurangan dan penjumlahan, kesulitan mengenal simbol-simbol dalam belajar matematika, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya dukungan dan motivasi dari anggota keluarga, lingkungan sekitar yang membuat dia suka bermain dan guru yang memberikan soal berbeda dengan contoh. Upaya yang dilakukan guru dalam kesulitan belajar daring yaitu mengadakan home visit agar subjek paham apa yang telah dipelajari dan memberikan motivasi dapat membangkitkan subjek dalam kesulitan belajar daring.References
Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Agustin. 2011. Permasalahan Belajar dan Motivasi Pembelajaran: Panduan Untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama
Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: AlMawardi Prima
Daryanto dan Farid Muhammad. 2015. Bimbingan Konseling Paduan Guru BK dan Guru Umum. Jogyakarta: Gava Media
Djamarah,Syaiful Bahri. 2011. Psikolog Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Emirfan. 2012. Panduan Lengkap Orang Tua & Guru untuk Anak dengan Diskalkulia (Kesulitan Berhitung). Pemekasa: Javalitera
KBBI. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). In Kementerian
Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Jurnal
Cahyana, dkk. 2019. Implementing Orton-Gilingham Metgod in Develiping Application for Learning Hijaiyah Letters for Intellectual Disabillity Studnt A Brief Analysis. International Journal of Engineering & Tecnology 8(1.9), 172-175
Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Musutoh F. 2020. Educational Technology As One The Terms For Enhancing Public Speaking Skills. Universidad y Sociedad.
Masroza. 2013. Prevelensi Anak Berkesulitan Belajar Disekolah Dasar Sekecamatan Pauh Padang. Diakses: 30 Maret 2021
Sudha, P., & Shalini, A. 2014. Dyscalkulia: A Specifik Learning Disability Among Childern. International Journal Of Advanced Scientific and Technical Research, 2(4). 912-918
Suharmini, T. 2015. Aspek-Aspek Psikologis Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol.1.(2)
Sunariah, Rijal. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, (S.I), Vol.9.(1)hal. 93-110
Tustiyana W, Lina N, Ananda R.,S. 2020. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Zulaihan, D., Lian., &Mulyadi, M. 2020. The Effect of Principal’s Competence and Community Participation on the Quality of Educational Services. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 45-57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.