ETNOMATEMATIKA PADA KLAKAT UPACARA ADAT BALI

Authors

  • Gede Ngurah Okta Diputra Pendidikan Matematika, IKIP Saraswati
  • Putu Beny Pradnyana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Intitut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
  • Ni Putu Eni Astuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Intitut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
  • Ni Wayan Sri Darmayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Intitut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
  • I Ketut Dedi Agung Susanto Putra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Intitut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.7392

Keywords:

Ethnomathematics Klakat

Abstract

Abstrak: Matematika dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan. Matematika dalam budaya dikenal dengan istilah etnomatematika. Salah satu objek etnomatematika pada budaya Hindu Bali adalah pada pembuatan klakat. Klakat adalah sebuah warisan budaya berupa keterampilan anyaman bambu yang digunakan sebagai sarana Upacara Agama Hindu. Terdapat 3 (tiga) jenis klakat yaitu klakat agung, klakat sudhamala lanang dan klakat sudhamala istri. Dalam pembuatan klakat, konsep matematika yang tersirat yaitu barisan dan Deret Aritmetika. Sedangkan dalam pemanfaatan klakat sebagai alas sesaji merepresentasikan bangun datar persegi serta merepresentasikan bangun ruang kubus dan prisma. Etnomatematika ini sangat penting, selain sebagai bahan pembelajaran siswa juga berfugsi sebagai ajang pelestari budaya.

References

Azizah, N. H. (2020). Keterkaitan Matematika dan Budaya Jawa dalam Bingkai Etnomatematika. Prosiding Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2, 1–6. http://prosiding.himatikauny.org/index.php/prosidinglsm/article/view/92

Felani, N. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKBM BERBASIS BUDAYA GUNA MENDUKUNG PELESTARIAN BUDAYA DI PKBM WIRATAMA YOGYAKARTA. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23852

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Iskandar, D. (2021). Etnomatika Pada Permainan Setatak Sebagai Bahan Pembelajaran Bangun Datar (Lingkaran, Persegi dan Persegi Panjang). JURNAL PEKA, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847

Nanga, M. Y., & Suwarsono. (2019). Eksplorasi Aspek Etnomatematika pada Rumah Adat Kampung Sawu Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika, 5(1), 23–30.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Yassa, S. (2018). Pendidikan Pancasila ditinjau dari perspektif filsafat (aksiologi). Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1. https://doi.org/10.12928/citizenship.v1i1.10442

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Articles