KESIAPAN DAN KENDALA GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 34 PONTIANAK SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.7393Keywords:
Kesiapan dan Kendala Guru Pembelajaran daringAbstract
Abstrak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan dan kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran online pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di 34 SDN Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari guru kelas VI dari kelas A, B, E dan F. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan protokol wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru siap melaksanakan pembelajaran dengan model daring. Kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran daring didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai seperti handphone dan laptop, kuota internet dan aplikasi. Kesiapan perangkat pembelajaran yang mendukung meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan penilaian. Selain itu, kesiapan sumber daya manusia meliputi pemahaman guru tentang pembelajaran daring, kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dan kapasitas guru dalam memadukan pembelajaran daring dengan pembelajaran di kelas. Kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran online juga menemui beberapa kendala, khususnya kurangnya perangkat mobile, mahalnya kuota internet, ketidakstabilan jaringan internet dan keterbatasan kapasitas platform/aplikasi. Kendala yang berkaitan dengan manajemen dalam melakukan pembelajaran daring yang dihadapi oleh para guru antara lain kesulitan dalam memilih dan menentukan materi pembelajaran, dan kurangnya pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan aplikasi untuk penyampaian instruksional.
References
Keterampilan Mengajar Guru dan Kesiapan Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal manajerial. 17 (1), 95.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul,
Y. (2020). Kesiapan Guru T Menghadapi
Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi. 5(1), 414-421. Diakses 29 Juni 2020
Ermayulis, Syafni. (2020). Penerapan Sistem
Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi
Covid-19. Diunduh di http//.stit-alkafayahriau.ac.id. Diakses 21 Desember 2021
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman.
Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.
Nurmadiah. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Al-Afkar, VI (1), 39-43.
Raihana, R. (2021). Deskripsi Permasalahan
Pembelajaran Tematik Menggunakan Sistem Daring Guru Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 31 Pontianak Barat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjungpura Pontianak. Skripsi
Rigianti, H.A. (2020). Kendala Pembelajaran
Daring Guru Sekolah Dasar Di abupaten
Banjarnegara. 7(2), 279-302. Diunduh di http://www.reseachgate.net/publication/342634522-kendala-pembelajaran-daring-guru-sekolah-dasar-di-banjarnegara
Sobron, Bayu, & Suswandari, M. (2019).
Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship. VI, 1 (1), 1-5.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi
Pembelajaran Daring untuk eningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak di Terapkanya Sosial Distencing. Jurnal Pendidikan Metalingua. 5 (5), 31-34.
Taradisa, N., Jarmita, N., & Emalfida. (2020).
Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 5 Banda Aceh. Diunduh di repository.ar-raniry.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.