DESKRIPSI KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PONTIANAK KOTA
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.7874Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan dalam penulisan karangan yang dilakukan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Data dalam penelitian ini diambil dari karangan siswa yang berjumlah 21 yang kemudian diidentifikasi dengan menerapkan metode baca dan catat. Instrumen penelitian ini adalah instrumen manusia, yaitu peneliti bertindak sebagai instrumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman (2004). Temuan menunjukkan bahwa siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota telah melakukan beberapa kesalahan dalam penulisan karangan mereka dalam hal penggunaan huruf kapital, ejaan dan tanda baca. Singkatnya, 427 (73,75%) kesalahan penggunaan huruf kapital, 60 (10,36%) kesalahan ejaan kata, dan 92 (15,89%) kesalahan tanda baca telah ditemukan dalam karangan siswa.
Â
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.