ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN PETIR 4 KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8760Abstract
ABSTRAK
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II di SDN Petir 4 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan membaca yaitu dengan bimbingan belajar menggunakan media yang menarik, melakukan pendekatan dan memberikan perhatian khusus kepada siswa, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mengatasi kesulitan membaca, memberikan pengarahan dan motivasi serta mengadakan program khusus remedial membaca.
References
Akhyar, F. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Textium.
Fuadah, A. N. (2019). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Belajar Kesulitan Membaca dan Berhitung Siswa MIN 7 Magetan dan SDN Madigondo di Kabupaten Magetan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim .
Mawardi. (2018). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Yayasan Mirqot Ilmiah Al-itqon.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Professional. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung : CV.Pustaka Setia.
Rafika, N., Kartikasari , M., & Lestari, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301-306.
Windrawati, W., Solehun, & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 10-16. doi:https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.