UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN KALOR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JOMBANG 01

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8763

Keywords:

Discovery Learning IPA Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Penemuan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perpindahan kalor untuk peserta didik kelas V SD Negeri Jombang 01. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2022, dan Siklus II pada tanggal 24 Januari 2022. Pada studi awal hasil belajar peserta didik masih sangat rendah. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, Siklus I peserta didik dengan hasil belajar mencapai sebanyak 63,3 %, sedangkan yang belum mencapai sebanyak 36,7 %. Siklus II peserta didik dengan hasil belajar mencapai sebanyak 93,3 %, sedangkan yang belum mencapai sebanyak 6,7 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perpindahan kalor pada peserta didik kelas V SD Negeri Jombang 01 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.

Author Biography

Cepi Ramdani, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

References

Arikunto, & Suharjono. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Jakarta: bumi.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Koes, S. H. (2003). Strategi pembelajaran fisika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Markaban. (2006). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.

Marzono, J. R. (1992). A Different Kind of Classroom. Teaching With Dimensions of learning. Alexandria VA: ASCD.

Salam. (2020, januari). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Mengidentifikasikan Benua-Benua Dengan Metode Discovery Siswa Kelas VI Semester I SDN Lingkuk Bunut Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(1), 128-132.

Setiyowati, p., & Panggayuh, V. (2019, maret). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learningmenggunakan Video Scribe Sparkolterhadap Hasil Belajar Smk Perwari Tulungagung Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnal ofEducation and Information Communication Technology), 3(1), 12-21.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. jakarta: Rineka Cipta. .

Sudana , I. P., & Wesnawa, I. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Sukmadinata. (2007). Landasan Psikologi Process Pendidikan. Bandung: PT Ramaja RosdaKarya.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tukimin. (2015, desember ). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Kultura Volume , 16(1).

Yusril. (2021). Penerapan Teknik Discovery Learning untuk Meningkatkan Activity serta Perolehan dari Pembelajaran Matematika Siswa SMA. JIRA jurnal inovasi dan Riset akademik, 1269 - 1281.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles