PENGARUH PENERAPAN APLIKASI KABIBU (KALKULATOR BILANGAN BULAT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI BILANGAN BULAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8975Keywords:
Audio Visual, Bilangan Bulat, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan aplikasi KABIBU (Kalkulator Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam memahami materi operasi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang diuji menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-W (Wilcoxon), dan Uji Spearman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi KABIBU (Kalkulator Bilangan Bulat) memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 62,70 dengan pengaruh 7,45%.References
Anggraini, Yufri. 2021. “Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 5(4):2415–22.
Aripin, Ipin. 2018. “Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi.†Jurnal Bio Educatio 3(April):1–9.
Hanafri, Muhammad Iqbal, Muchamad Iqbal, and Aditya Budi Prasetyo. 2019. “Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android.†Jurnal Sisfotek Global 9(1):87–92.
Harefa, Darmawan, and Hestu Tansil La’ia. 2021. “Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.†Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2):327. doi: 10.37905/aksara.7.2.327-338.2021.
Tri Wulandari, and Adam Mudinillah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.†Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2(1):102–18. doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.
Muhyani, D. (2019). Metodologi Penelitian Cara Mudah Melakukan Penelitian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.