PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9083Keywords:
Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Inkuiri TerbimbingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kadumanggu 03 Kecamatan Babakanmadang Kabupaten Bogor yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, pada siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 62,9, siklus II 86,125, sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Perubahan sikap siswa siklus I 49,46, siklus II 90,46, sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Perubahan keterampilan siswa siklus I 60,13, siklus II 86,13, sudah melampaui indikator keberhasilan 81. Begitu pula dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 37%, siklus II 87%, sudah melampaui KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kadumanggu 03 Kecamatan Babakanmadang Kabupaten Bogor.References
Buku
Fausett, L, Fundamentals of Neural Network, Prentice Hall, New York, 1994.
Jurnal
Sunarti, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Karya Putra Surabaya. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. 2013. [15].
Komilaini, Komilaini 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Pekanbaru. FKIP Universitas Riau. [16]
Artikel/Modul/Diktat
Sektor Pertanian, Kajian Risiko dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Pertanian NTB, Mataram, 2011.
Prosiding/Artikel Seminar
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thobroni. 2015. Belajar Da Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Syah. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
PLPG Rayon 2012. Program Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru. Universitas Pakuan.
Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidika Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Imas dan Berlin 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Agus, Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah.
Tampubolon. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.
Fitria, Wulandari 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.