PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL INQUIRY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9098Keywords:
hasil belajar, model Project Based Learning, model Inquiry LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam melalui model project based learning, model inquiry learning, dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri SDN Citapen 01 Kabupaten Bogor. Pada kelas IVA, IVB, dan IVC bulan Mei Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai  <   Pada uji homogenitas didapatkan nilai c²hitung (4,883) ≤ c²tabel (5,991), dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia melalui model project based learning dengan nilai N-Gain 57,08 dan model pembelajaran konvensional memperoleh N-Gain 36,45. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia melalui model inquiry learning dengan nilai N-Gain 47,13 dan model pembelajaran konvensional memperoleh N-Gain 36,45. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia melalui model project based learning dengan nilai N-Gain 57,08 dan model inquiry learning memperoleh N-Gain 47,13. Simpulan terdapat perbedaan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia melalui model project based learning dan model inquiry learning. Model pembelajaran yang paling efektif adalah model project based learning dengan (N-Gain 57,08).
References
Buku
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group. 2014.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Saitifik. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persda.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jurnal
Resyi, A. G., and Ratih, P., Fitriah, M., “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alamâ€, Jurnal Elementary, Vol.2, No. 1 h. xx Juni 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar is the author's right without limitation.