PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N KEDISAN

Authors

  • I K. D. Agung Susanto Putra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ITP Markandeya Bali
  • N. W. S. Darmayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ITP Markandeya Bali
  • I Nyoman Sudirman Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesoa, ITP Markandeya Bali
  • I Made Adi Sanjaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9573

Keywords:

Hasil Belajar IPA Model POGIL, Peta Pikiran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model POGIL. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N Kedisan Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa setelah diberikan perlakuan model POGIL berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 25,21; (2) hasil belajar IPA siswa yang tidak diberikan perlakuan model POGIL berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 18,58; (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model POGIL. Hasil perhitungan uji-t independent diperoleh thitung = 6,7 dan ttabel = 2,002 (thitung > ttabel) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, model POGIL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.

References

Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barthlow, Michele J. dan Scott B. Watson. 2011. “The Effectiveness of Process-Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternatif Conceptions in Secondary Chemistryâ€. School Science and Mathematics. Volume 114. Nomor 5. (Halaman 246-255).

Brickman, Peggy. 2009. “Effect of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidenceâ€. International Journal Scholarship of Teaching and Learning. Volume 3. Nomor 2.

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hale, Dena dan Linda Greef Mullen. 2009. “Designing Process- Oriented Guided-Inquiry Activities: A New Innovation for Marketing Classesâ€. Marketing Education Review. Volume 19. Nomor 1. (Halaman 74-80).

Hanson, David M. 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Lisle, IL: Pacific Crest.

Kemdikbud. 2014. “Pendidikan Indonesia Gawat Daruratâ€. Tersedia pada

http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/3571 (diakses tanggal 30 Desember 2016).

-------. 2016. “Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatanâ€. Tersedia pada: http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12

/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami- peningkatan (diakses tanggal 30 Desember 2016).

Lestari, Desak Putu Sri. 2016. “Pengaruh Model POGIL dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDâ€. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Nomor 1.

Santyasa, I. W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: IKIP Undiksha.

Sari, S. D. C. dkk. 2015. “Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Disertai Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basaâ€. Program Studi Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana.

Simonson, S. R. dan Susan E. S. 2013. “Implementing POGIL in Undergraduate Biomechanics: Lessons Learned by A Noviceâ€. Journal of STEM Education. Volume 14 (Halaman 56 – 63).

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan Ke-2. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Cetakan Ke-1. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardani, T.Y.P. 2015. “Pengaruh Model Heuristik Vee dengan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDâ€. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3. Nomor 1.

Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Cetakan Ke-3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiratma, I.G.L. 2010. “Politik Pendidikan dalam Pengembangan Kesadaran Kritis dan Jati Diriâ€. Jurnal IKA. Volume 8. Nomor 2. (Halaman 107-122).

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles