Pengaruh Penerapan Model Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru

Authors

  • Refli Annisa Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hartono Hartono

Keywords:

Problem Posing, Mathematic Concept Comprehension Ability, Self-Efficacy

Abstract

Abstract: This research aimed at knowing the effect of implementing Problem Posing model toward students’ mathematic concept comprehension ability derived from their self-efficacy at State Islamic Junior High School 03 Pekanbaru. It was instigated by the fact in the field showing that many students at State Islamic Junior High School 03 Pekanbaru had mathematic concept comprehension ability that was low enough. It was a quasi-experimental research with the nonequivalent pretest-posttest control group design. All students were the population of this research. The samples were the seventh-grade students of class 4 as the experimental group and the students of class 9 as the control group. Purposive sampling technique was used in this research. The technique of analyzing the data was two-way ANOVA. Based on the data analysis, it could be concluded that 1) there was a difference on mathematic concept comprehension ability between students taught by using Problem Posing model and those who were taught by using direct learning, 2) there was a difference on mathematic concept comprehension ability among students having high, medium, and low self-efficacy, and 3) there was no interaction between the implementation of learning model and students’ self-efficacy toward their mathematic concept comprehension ability Islamic Junior High School.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan Self Efficacy siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru. Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang cukup rendah. Penelitian ini merupakan peneitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada siswa MTs. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang, dan rendah pada siswa MTs. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap pemahaman konsep matematis pada siswa MTs.

References

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. In Aswaja Pressindo.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. In Bandung: Refika Aditama.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.

Kebudayaan, K. P. dan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Matematika SMP.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Pratiwi, S. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Mojo Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah “Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya". In Lokakarya.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. In Ar-Ruzz Media.

Yahya, I. S., & Sanapiah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Media Pendidikan Matematika, 4(2).

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles