Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu

Authors

  • Achmad Yogi Pambudi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Imam Syafi’i Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Dwi Wahyu Kartikasari Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Amir Yarkhasy Ilmu kelautan, Universitas PGRI Ronggoloawe,
  • Hasanul Bulqiyah Ilmu Politik, Universitas PGRI Ronggoloawe,
  • Luhur Moekti Prayogo Ilmu kelautan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Mardi Widodo Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Djoko Apriono Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Sukisno Sukisno Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Mario Fahmi Syahrial Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Usep Supriatna Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas PGRI Ronggoloawe
  • Ammar Zaki Pendidikan Pancasila dan Kewargaraan, Universitas Abulyatama

Keywords:

Classroom Action Assessment, Artificial Intelligence, Teachers.

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to increase a solid understanding for teachers of SDN Karangasem, Jenu about the basic concepts of AI, including how AI works, the types of algorithms used and teachers can overcome their lack of knowledge in utilization in improving the quality of learning and preparing students to face an increasingly connected and technology-oriented world. The method used by an extension is to increase teacher understanding of the importance of PTK in improving the quality of education. And the implementation of socialization regarding the process and steps in making PTK with the help of AI technology through GPT Chat media. The results obtained that advances in Artificial Intelligence Technology help teachers to create a learning process that is more exciting/interesting and not boring with various applications available and eases the task of teachers in the evaluation or administration process.


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman yang solid bagi guru SDN Karangasem kec. Jenu tentang konsep dasar AI, termasuk bagaimana AI bekerja, jenis algoritma yang digunakan dan guru-guru dapat mengatasi kurangnya pengetahuan mereka dalam pemanfaatan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan persiapan siswa dalam menghadapi dunia yang semakin terhubung dan teknologi-orientasi. Metode yang digunakan suatu penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman guru terkait pentingnya PTK dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dan pelaksanaan sosialisasi mengenai proses dan langkah-langkah dalam pembuatan PTK dengan bantuan teknologi AI melalui media Chat GPT. Hasil yang diperoleh bahwa kemajuan Teknologi Kecerdasan Buatan mambantu guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih mengasikkan/menarik dan tidak membosankan dengan berbagai aplikasi yang tersedia serta meringankan tugas guru dalam proses evaluasi atau administrasi.

References

Arip Nurahman, & Pandu Pribadi. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada Media Pembelajaran Berbantuan Google Assistant. Jurnal Genesis Indonesia, 1(01), 24–32. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.17

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Kartikasari, D. W., Bulqiyah, H., Purba, G. H., & Zaki, A. (2022). Penerapan Blanded Learning pada Pendidikan Politik di Organisasi Intra Sekolah dalam Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Siswa SMA di Kabupaten Tuban. 10(2), 1–5.

Kurniawijaya, A., Yudityastri, A., & Zuama, A. P. C. (2021). Pendayagunaan Artificial Intelligence Dalam Perancangan Kontrak Serta Dampaknya Bagi Sektor Hukum Di Indonesia. Khatulistiwa Law Review, 2(1), 260–279. https://doi.org/10.24260/klr.v2i1.108

Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, & Dkk. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputerdan Teknologi Sains(KOMTEKS), 1(1), 1–7.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, (10), 553–565.

Putri Supriadi, S. R. R., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192–198. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4036

Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6. Retrieved from http://dx.doi.org/10.26555/jpsd

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (n.d.). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) dalam Bidang Pendidikan. 3, 15–20.

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles