KEARIFAN LOKAL TEKI FE'A DHADHO RADHA DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT ADAT RENDU DI KECAMATAN AESESA SELATAN KABUPATEN NAGEKEO
DOI:
https://doi.org/10.31764/historis.v7i1.9318Abstract
Kearifan lokal teki fe’a dhadho radha, merupakan salah satu kearifan lokal pada masyarakat adat Rendu yang hidup dan berkembang di Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo. Kebudayaan lokal ini merupakan warisan dari para leluhur yang harus di laksanakan dan di lestarikan dari generasi ke generasi, yang syarat dengan nilai-nilai kemanusisaan. Dalam realitanya, kearifan lokal teki fe’a dhadho radha yang berarti (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing), ini menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan nilai persatuan yang sampai saat ini masih tetap dilaksanakan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimana eksistensi kearifan lokal teki fe’a dhadho radha pada masyarakat adat Rendu di Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo? b. Nilai-nilai solidaritas apa sajakah yang terdapat dalam kearifan lokal teki fe’a dhadho radha pada masyarakat adat Rendu di Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal teki fe’a dhadho radha masih tetap dilakukan oleh masyarakat adat Rendu sampai saat ini, karena merupakan warisan leluhur yang harus di rawat dan dilestarikan dari waktu ke waktu oleh generasi penerusnya. Dalam kearifan lokal teki fe’a dhadho radha terdapat berbagai nilai yang menjadi pedoman hidup masyarakat adat Rendu antara lain nilai gotong royong atau to’o jogho waga sama, nilai keharmonisan atau muzi modhe ne’e keka bho’a sa`o lange, nilai  persaudaraan atau ka’e azi moko doa dan nilai persatuan atau kolo sa toko tali sa tebu. Nilai-nilai inilah yang menjadi pegangan hidup masyarakat adat Rendu sampai saat ini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.