PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA TERPADU

Authors

  • Zaenudin Zaenudin

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1057

Keywords:

Pendidikan, Agama Islam, Terpadu

Abstract

Dalam konsep Paulo Freire seorang praktisi dan teoritisi pendidikan radikal dari Brazil, mengatakan bahwa, pendidikan yang benar adalah pendidikan yang mampu menjadi kekuatan penyadar dan pembebas manusia. Artinya, pendidikan harus bisa membebaskan dan menyadarakan manusia tentang adanya elemen-elemen yang menindas dalam struktur sosial. Dalam Islam, konsep pendidikan sebenarnya jauh lebih radikal dari konsep Paulo tersebut. Dimana manusia sebagai subyek harus memberi nama (to name) yakni ketika Allah mengajarkan nama-nama pada Adam, tujuannya adalah agar ia sadar akan esensi ciptaan, esensi sifat Tuhan, hubungan Tuhan dengan ciptaan-Nya, dan manusi terpilih menjadi khalifah di dunia sebagai pembawa kedamaian.Karena itu, konsepsi dan filosofi  pendidikan Islam sejak awal tidak hannya bersumber dari intelektualitas semata, melainkan juga spritualitas, dan tujuan akhir dari sebuah pendidikan adalah sang Pencipta. Untuk menjawab persoalan dan tujuan dari sebuah pendidikan, maka pada tulisan ini penulis mencoba untuk membahas tentang; apa itu pendidikan Islam, konsep pendidikan Islam terpadu, format pendidikan terpadu dan bagaimana frofil lulusan sekolah terpadu.

References

al-Qur’an al-Kariim.

Ashraf, Ali.1996. Horizon Baru Pendidikan Islam.terj. Jakarta: Pustaka Firdaus

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Unbara

Freire, Paulo. 1985. Pendidikan Kaum Tertindas.Terj. Jakarta: LP3ES.

Fahmi Alaydroes. 2003. Pendidikan Terpadu. WWW. Islamika.com.

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarata: Inisi.

Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2009.Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

Qardhawi, Yusuf. 2003. Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Izzan Pustaka.

Rahman, Fathur.2004. Pengembangan Sistem Pondok Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Terpadu.Bandung: Mimbar pustaka.

Syihab,Quraish. 2002. Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Tajab. 1999. Dasar-Dasar Kependidikan Dalam islam. Jakarta: Logos.

Zainudin. 2008. Paradigma Pendidikan Terpadu. Malang:UIN-Malang Press.

Downloads

Published

2018-05-01

Issue

Section

Articles