PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATAPELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Authors

  • Aqodiah Aqodiah

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i1.1062

Keywords:

keterampilan menyimak pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam

Abstract

Penggunaan media pembelajaran bagi siswa usia madrasah ibtidaiyah di rasa sangat tepat, karena sesuai dengan tahap perkembangannya mereka masih berada pada tahap operasiona kongkret, dalam hal ini peneliti menggunakan media boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu keterampilan menyimak pada mata pelajaran (SKI) dan variabel bebas yaitu media boneka tangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 2 Mataram yang berjumlah 38 siswa.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu, kuantitatif deskriptif juga reduksi data, pemaparan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V MIN 2 Mataram. Hal ini ditunjukkan malalui  hasil uji tes tulis siswa di siklus I yaitu 71,1 meningkat menjadi 75,34 pada siklus II.

References

Abbas Saleh . (2006) Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Ahmadi Rulam, Penagntar Pendidikan (Asas & Filsafat Pendidikan), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Amin Samsul Munir. (2015) Sejarah Peradaban Islam,Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Aqib Zainal, (2016) Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.

Cakra Ki Heru. (2012) Mendongeng dengan Mata Hati. Surabaya: Mumtaz Media.

Daryanto. (2013) Media Pembelajaran. Yogyakarta, Gava Media.

Diah Ayu Widiowati, Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas II B SD Negeri Margoyasan Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.2016.

Jurnal Pendidikan Agama Islam , Vol. XII, No. 1. Juni 2015.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurkancana dan Sunartana.1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

PERMENDIKNAS 2006 tentang SI dan SKL,Jakarta: Sinar Grafika.

Prastowo Andi, (2014) Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jakarta: Kencana.

Ngalim Purwanto, (2008) Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bangung: Remaja Rosdakarya.

.Ratna Yudhawati & Dany Haryanto. (2011) Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Downloads

Published

2019-05-01

Issue

Section

Articles