Model Komunikasi Antar Ormas Islam Melalui Pendidikan Multikultural Dalam Menjalin Kerukunan Di Lombok Timur

Authors

  • Sukarta Sukarta Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jail.v6i2.14258

Keywords:

model komunikasi, ormas islam, pendidikan, multikultural, komunitas muslim, communications models, islamic organizations, multicultural educations, harmony, muslim community

Abstract

Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Model komunikasi antar ormas Islam melalui pendidikan multikulturan dalam menjalin kerukunan di Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Model komunikasi antar ormas Islam dalam menjalin kerukunan melalui pendidikan multikulturan di Lombok Timur dilakukan dengan dua cara, yaitu: (a) Model Komunikasi Verbal; berupa musyawarah dalam menyelesaikan semua konfik dan dalam penetapan jadwal pengisi kajian mingguan, jadwal imam shalat, jadwal khatib dan lain sebagainya. (b) Model Komunikasi Non-Verbal berupa partisipasi masyarakat multicultural dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan berupa: gotong royong, membangun kebersamaan dan lain sebagainya. (2) Model Proses penyelesaian konflik berbasis multicultural dilakukan dengan sistem kekeluargaan, dengan dialog-dialog bersama antar ormas islam, bersama pemerintah desa sebagai mediatornya. Sementara untuk mengatasi perbedaan pandangan, langkah pertamanya adalah di setiap kajian mingguan setiap ormas yang memiliki pandangan berbeda menjelaskan pandangan mereka beserta dalilnya. Penjelasan tersebut juga disertai dengan penjelasan bahwa pandangan mereka mengambil pandangan itu bukan berarti pandangan yang lain adalah salah. Langkah selanjutnya adalah memperkuat doktrinan internal ormas agar tidak saling mengganggu satu sama lain ketika berbeda pandangan.

Abstract:
The purpose of this research is to describe the communication model between Islamic organizations through multicultural education in establishing harmony in East Lombok. This research is a qualitative research. The results of this research are: (1) The model of communication between Islamic organizations in establishing harmony through multicultural education in East Lombok is done in two ways, namely: (a) Verbal Communication Model; in the form of deliberations in resolving all conflicts and in determining the schedule for filling out weekly studies, the schedule for the priest for prayer, the schedule for preachers and so on. (b) Non-Verbal Communication Models in the form of multicultural community participation in social activities in the form of: mutual cooperation, building togetherness and so on . (2) Model The multicultural-based conflict resolution process is carried out with a family system, with joint dialogues between Islamic organizations, with the village government as the mediator. Meanwhile, to overcome differences in views, the first step is in every weekly review of each mass organization that has different views explaining their views and their arguments. This explanation is also accompanied by an explanation that their view of taking that view does not mean that other views are wrong. The next step is to strengthen the internal doctrine of mass organizations so that they do not interfere with each other when they have different views

References

Arni Muhammad. (2011). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.

Chusnul Chotimah. (2015). Komunikasi Pendidikan Teori Dan Prinsip Dasar Komunikasi Prespektif Islam. Lingkar Media.

Dhavamony, M. (2010). Fenomenologi Agama. Kanisius.

Jamaludin, A. N. (2016). Agama & Konflik Sosial: Studi Kerukunan Umat Beragama. Pustaka Setia.

Judy Pearson. (2003). Human Communication. McGraw-Hill Education.

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Mardalis. (2010). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Masmuh, A. (2012). Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. UMM Press.

Munawar, S. A. (2010). Fikih Hubungan Antar Umat Beragama. Ciputat Press.

Naim, N. (2014). Islam dan Plural Agama Dinamika Perbutan Makna. Aura Pustaka.

Romli, K. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. PT. Grasindo.

Soekanto, S. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT. Rineka Cipta.

Syariati, A. (2011). Sosiologi Islam. Mizan.

Tasmora, T. (2010). Komunikasi Dakwah. Gaga Media Pratama.

Tualeka Hamzah. (2011). Sosiologi Agama. UINSA Press.

Ummatin, K. (2011). Perilaku Politik Kiai. Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-03-21

Issue

Section

Articles