Sosialisasi Plat Form Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Guru di SMP Negeri 11 Pematangsiantar

Authors

  • Fine Eirene Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Siska Anggita Situmeang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Basar Lolo Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Irene Adryani Adryani Nababan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31764/am.v2i1.7589

Keywords:

Sosialisasi, Plat Form Sevima Edlink, Media Pembelajaran

Abstract

Abstract:  The pandemic caused by the outbreak of Covid-19 has prompted many changes in various sectors and lines of people's lives. The changes that appear to suggest are the application of digital technology among the wider community such as bold learning in schools. This is marked by the increasingly intensive use of digital form plates to support online learning in accordance with health protocols and the new order or what we call the New Normal. The learning form plate is included in the learning media which is very useful for schools and universities. One of the platforms that have been used is Sevima Edlink. Where Sevima Edlink is changing the way we do online learning including being creative, video conferencing or completing assignments and quizzes. This service aims to help implement better and easier learning by relying on collaboration between teachers and students. The service method used is data collection through observation and interviews, implementation of socialization and monitoring and evaluation. The results of the community service activities carried out showed that the teachers at SMP Negeri 11 Pematangsiantar were very enthusiastic about knowing, learning, and using the Edlink platform in learning.

Abstrak: Pandemi yang disebabkan oleh mewabahnya Covid-19 telah mendorong banyak perubahan di berbagai sektor dan lini kehidupan masyarakat. Perubahan yang terlihat mengemukakan adalah meningkatnya adopsi teknologi digital di kalangan masyarakat luas seperti pembelajaran daring di sekolah. Hal ini ditandai dengan makin intensifnya penggunaan plat form-plat form digital untuk mendukung pembelajaran online yang sesuai dengan protokol kesehatan dan tatanan baru atau yang sering kita sebut New Normal. Plat Form pembelajaran termasuk didalam media pembelajaran yang sangat banyak manfaatnya bagi sekolah maupun perguruan tinggi. Salah satu plat form yang sudah digunakan adalah Sevima Edlink. Dimana Sevima Edlink mengubah cara kita untuk melakukan pembelajaran online termasuk berdiskusi, video conference atau menyelesaikan tugas dan quis. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik dan mudah dengan mengandalkan kolaborasi antara guru dan siswa. Metode pengabdian yang digunakan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, pelaksanaan sosialisasi dan melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan menunjukkan bahwa guru di SMP Negeri 11 Pematangsiantar sangat antusias untuk mengetahui, mempelajari, serta menggunakan plat form Edlink di dalam pembelajaran.    

References

Afni, K. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 80–85. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.337

Admin Sevima. (2017, Maret 30). Sevima Edlink, Aplikasi Yang Memudahkan Dosen dalam Memberikan Tugas. Dipetik September 23, 2020, dari SEVIMA: https://sevima.com/sevima-edlink-aplikasi-yang-memudahkan-dosen-dalam-memberitugas/

Darwanto, D., & Khasanah, M. (2021). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Platform Edlink. Eksponen, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.366

EDDY, E., USMAN, A., & DAFITRI, H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Untuk Mengoptimalkan Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 236. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2495

Hairiah. (2021). Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.15

Kuntarto Eko. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2020). Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5094

Yudhira, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: VALUE, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177

Downloads

Published

2022-08-02

Issue

Section

Articles