PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK MELALUI PELATIHAN PREPROSPEC PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Farah Indrawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Leny Hartati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.10478

Keywords:

Kompetensi Pendidik, Preprospec, Daring.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini bertujuan memberi kesadaran kepada pendidik untuk meningkatkan kompetensi, sehingga pendidik mampu meningkatkan kemampuan representasi peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, melalui ketepatan dalam pemilihan, serta penggunaan model, media, dan aplikasi   pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan, dengan tiga tahap pelaksanaan (persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi).  Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlaksana dengan baik dan lancar. Pendidik SMA Bakti Idhata memberikan respon yang positif terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pendidik SMA Bakti Idhata dapat memahami dan menguasai materi mengenai peningkatan kompetensi melalui pelatihan preprospec yang diberikan oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidik SMA Bakti Idhata menyadari bahwa peningkatan kompetensi melalui ketepatan dalam pemilihan serta penggunaan berbagai inovasi model pembelajaran, media pembelajaran, dan aplikasi pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran secara bermakna, terutama untuk meningkatkan kemampuan representasi peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran secara daring.

 

Kata kunci: kompetensi pendidik; preprospec; daring.

 

ABSTRACT

The community service activity aims to provide awareness to educators to improve competence, so that educators are able to improve the representation ability of students with knowledge and skills they have, through accuracy in selection, as well as the use of models, media and online learning applications. The method used is the training method, with three stages of implementation (preparation, implementation, and evaluation). The result of this community service activity is that community service activities are carried out well and smoothly. Bakti Idhata High School educators gave a positive response to the implementation of community service activities. Bakti Idhata High School educators can understand and master the material regarding competency improvement through preprospecting training provided by the implementing team for community service activities. The conclusion of this community service activity is that Bakti Idhata High School educator realizes that increasing competence through accuracy in the selection and use of various learning model innovations, learning media, learning applications is very important in achieving meaningful learning goals, especially to improve the ability of students representation in the implementation of online learning

 

Keywords: educators competence; preprospec; online.

References

Anonim. (2020). Pengertian Evaluasi : Jenis, Tujuan, Fungsi, Metode hingga Contohnya. https://www.ngelmu.co/pengertian-evaluasi/

Darmiatun, S., & Nurhafizah, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogig Dan Profesional Pendidik Tk Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) DI KABUPATEN DHARMASRAYA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 704–714. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.271

DP Ivane., dan NR Dewi. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Regulated Learning pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika XV, Vol 5, 290-296

Istri Agung Trisnawati, A. A. (2018). Refleksi, Pentingnya Sesi Refleksi pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Datin Litbangkes. https://dinkes.ntbprov.go.id/artikel/refleksi-pentingnya-sesi-refleksi-pada-pendidikan-dan-pelatihan-diklat/

IW Eka Mahendra. (2019). Pembelajaran dan Assesmen di Era Revolusi Industri 4.0. FPMIPA IKIP Saraswati Tabanan. https://www.researchgate.net/profile/Eka-Mahendra/publication/341453451_Pembelajaran_dan_Asesmen_di_Era_Revolusi_Industri_40/links/5ec24cac299bf1c09ac4d164/Pembelajaran-dan-Asesmen-di-Era-Revolusi-Industri-40.pdf

Kompasiana. (2021). Rendahnya Kompetensi Guru menjadi Permasalahan Pendidikan di Indonesia ditinjau dari Sudut Pandang Sosiologi. https://www.kompasiana.com/muhammadalifistygfarlana/5e8b51a3cecd3b697b0 56483/rendahnya-kompetensi-guru-menjadi-permasalahan-pendidikan-di- indonesia-dilihat-dari-sudut-pandang-sosiologi?page=3&page_images=1

Mulyana, A. (2018). Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pendidikan Kewarganegaraan. https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-14-tahun-2005.html

Novira, RM., dkk. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). Universitas Negeri Semarang. Prisma 2, Hal 287-292. ISSN : 2613-9189

NR Dewi., dkk. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahapeserta didik pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Jurnal Kreatif-Inovatif, 11(2), 256-265.

Pradewo, B. (2021). Kemendikbudristek Ungkap Rata-rata Skor Kompetensi Pendidik 50,64 Poin.Jawa Post. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/19/11/2021/kemendikbudristek-ungkap-rata-rata-skor-kompetensi-pendidik-5064-poin/

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, Vol 1, No 2, Hal 33-34. https://media.neliti.com/media/publications/121557-ID-representasi-dalam-pembelajaran-matemati.pdf

Suwidiyanti. (2022). 4F Salah Satu Model Refleksi Pembelajaran untuk Pengembangan Profesionalisme Guru. Smamda Sidoarjo. https://smamda.sch.id/web/berita/4f-salah-satu-model-refleksi-pembelajaran-untuk-pengembangan-profesionalisme-guru

Tamami, A. (2021). Mengupgrade Mindset Guru Penggerak dengan Model Refleksi 4F. AliTamami Edusite. https://www.alitamami.my.id/2021/07/mengupgrade-mindset-guru-dengan-model.html

Yesputra, R. (2015). Pengabdian kepada Masyarakat. STMIK Royal Kisaran. https://lppm.stmikroyal.ac.id/pengabdian-kepada-masyarakat/

Yunus, S. (2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. Detiknews. https://news.detik.com/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru

Downloads

Published

2023-04-04

Issue

Section

Articles