PENGENALAN DAN PELATIHAN DASAR BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON PADA SISWA/I SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Authors

  • Saharuddin Saharuddin STMIK Profesional Makassar
  • Medy Wisnu Prihatmono STMIK Profesional Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10569

Keywords:

PkM, SMAN 3 Makassar, python programming language, google colab.

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Trihdarma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen, pengabdian kepada masyarakat yang dulakukan ini adalah memberikan pengetahuan tentang dasar bahasa pemrograman phyton. Mata pelajaran informatika mencakup lima materi yang bakal menunjang kompetensi siswa di era revolusi industri 4.0. Yakni, teknik komputer, jaringan komputer/internet, analisis data, dampak sosial informatika, dan programming. Mata pelajaran Informatika sesuai dengan kebutuhan masa depan anak bangsa. SMAN 3 Makassar adalah salah satu SLTA yang siap menerapkan mata pelajaran informatika sebagai mata pelajaran utama (wajib) yang akan diterapkan secara serentak  pada Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan keterbatasan guru informatika (komputer) yang dimilki oleh SMAN 3 Makssar sehingga merasa perlu Siswa/I-nya untuk mendapatkan pembelajaran diluar dari pada jadwal belajar yang ada di sekolah. Pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan yaitu memberikan pelatihan dengan materi diantaranya adalah dasar bahasa pemrograman phyton, aplikasi google colab dan pemrosesan data dengan menggunakan bahasa python. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan praktikum. Hasil dari pelatihan ini didapatkan bahwa para peserta pelatihan merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menambah pamahaman serta keterampilan mereka dalam hal menggunakan google colab dan pemahaman bahasa pemrograman terutama bahasa pemrograman Phyton.

 

Kata kunci: PkM; SMAN 3 Makassar; bahasa pemrograman python; google colab

 

ABSTRACT

Community Service (PkM) is one form of the implementation of the Higher Education Trihdarma that must be carried out by lecturers, this community service is to provide knowledge about the basic python programming language. Informatics subjects include five materials that will support student competence in the era of the industrial revolution 4.0. Namely, computer engineering, computer network/internet, data analysis, social impact of informatics, and programming. Informatics subjects are in accordance with the future needs of the nation's children. SMAN 3 Makassar is one of the senior high schools that is ready to apply informatics subjects as the main (compulsory) subjects that will be applied simultaneously in the 2021/2022 academic year, with the limitations of informatics teachers (computers) owned by SMAN 3 Makssar so that they feel the need for students/ The first is to get learning outside of the existing study schedule at school. Our community service is providing training with materials including the basic python programming language, the Google Colab application and data processing using the Python language. The methods used in this training are lectures, questions and answers and practicum. The results of this training showed that the training participants felt that this activity was very useful and could increase their understanding and skills in using Google Colab and understanding programming languages, especially the Python programming language.

 

Keywords: PkM; SMAN 3 Makassar; python programming language; google colab.

References

B. Haruna, S., Arni, S., & Harmin, A. (2020). PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PkM) BAGI DOSEN STMIK PROFESIONAL (S. Arni & A. Harmin, Eds.). Pusat Penelitian Pengabdian (P3M) STMIK Profesional.

Hardyanto, R. H. (2017). Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web. Jurnal Dinamika Informatika, 6(1), 87–97.

Maharani, R. P. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa Dengan Dihapusnya Mata Pelajaran TIK Terhadap Motivasi Belajar TIK Siswa Secara Mandiri Di SMA Negeri 1 Sewon [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Repository.Usd.Ac.Id. https://repository.unsri.ac.id/12539/

Nelson, M. J., & Hoover, A. K. (2020). Notes on Using Google Colaboratory in AI Education. Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education, ITiCSE, 533–534. https://doi.org/10.1145/3341525.3393997

Pikiran Rakyat.com, 2019. (2019). https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01300880/2019-informatika-akan-jadi-mata-pelajaran-utama-di-smp-dan-sma-429683.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2017). Perkembangan keilmuan teknik industri menuju era industri 4.0. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 2017(October), 500. https://www.researchgate.net/profile/Hoedi-Prasetyo/publication/328600510_Perkembangan_Keilmuan_Teknik_Industri_Menuju_Era_Industri_40/links/5bd7e7c1299bf1124facfead/Perkembangan-Keilmuan-Teknik-Industri-Menuju-Era-Industri-40.pdf

Sukindar. (2016). Kelebihan Bahasa Pemrograman Python. Teknojurnal.com, https://teknojurnal.com.kelebihan-bahasa-pemrograman-Python/, diakses Juli 2021. Teknojurnal.Com.

Wiryawan, R. A., & Rosyid, N. R. (2019). Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Simetris, 10(2), 1–12.

Downloads

Published

2022-12-16

Issue

Section

Articles