BIMBINGAN BELAJAR RUMBERIA (RUMAH BELAJAR CERIA) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Randy Irawan STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • Ahmad Nur Hidayat STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • Aprilia Nurmaniati STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • Eliska Sari STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • Istiqamah Istiqamah STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • Ruspita Sari STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot
  • Tajudin Nur STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10609

Keywords:

assistance, learning, Covid-19

Abstract

ABSTRAK

Penyebaran Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan. Di Indonesia, tepatnya pada bulan Maret 2020 lalu, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid - 19 di Indonesia. Dimasa Pandemi Covid-19, dengan kebijakan pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah dirumah untuk menekan penyebaran Covid-19, hal tersebut pada akhirnya berdampak pada semua bidang. Pada bidang pendidikan, dengan kebijakan belajar dirumah maka proses pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring kemudian membawa masalah baru yakni banyak dari peserta didik yang kesulitan dengan pembelajaran secara daring. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode konsultasi yaitu melakukan pendampingan belajar terhadap siswa SD kelas 1 - 6 di Desa Sungai Terik. Tujuan dari pegabdian ini dilakukan untuk memberikan pedampingan terhadap siswa dalam proses pembelajaran, baik pendampingan secara materi maupun juga pendampingan dalam penggunaan media online untuk pembelajaran.

 

Kata Kunci: pendampingan; pembelajaran; Covid-19

 

ABSTRACT

The spread of Covid-19 has had a very significant impact on various aspects of life. In Indonesia, on March 2020, for the first time, the government announced two cases of positive Covid-19 patients in Indonesia. During the Covid-19 Pandemic, the government policies to study, work and worship at home to suppress the spread of Covid-19, this ultimately has an impact on all aspects. In aspect of education, with the policy of studying at home, the learning process is carried out online. Online learning then brings a new problem, so that many students have difficulty with online learning. The method used is the consultation method, namely providing learning assistance to elementary school students grades 1 - 6 in Desa Sungai Terik. The purpose of this service is to provide assistance to students in the learning process, both material assistance and assistance in using online media for learning.

 

Keywords: assistance; learning; Covid-19

Author Biographies

Randy Irawan, STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot

Prodi Tadris Bahasa Inggris STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot

Ahmad Nur Hidayat, STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot


Eliska Sari, STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot

Prodi Pendidikan Agama Islam STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot

Istiqamah Istiqamah, STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot


References

Abbas, E, W., Mu’in, F., Barkatullah, A. H., Kania, N., & Ghalib, S. (2020). Pidato Pengukuhan Lima Guru Besar ULM.

Ali, Zezen Zainul, Pengabdian Masyarakat Dan Implementasinya Lampung : CV. Laduny Alifatama, 2020

Andina Amalia, dkk 2020, ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia’, Jurnal Psikologi, vol.13, no.2, hh.214-225

Apriliani Puspitasari, 2021, Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pendidikan Di Indonesia, dilihat 23 Maret 2022, https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/01/143058/dampak-covid-19-terhadap-sektor-pendidikan-di-indonesia

Fitri Hayati, dkk 2021, ‘Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Kajian Literatur, vol.5, no.1, hh.1809-1815

Fuada Syifaul, dkk., Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia Purwakarta :Royyan Press, 2020

Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. Vol 5, 31-47

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.

Matdio Siahaan 2019, ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’, Jurnal Kajian Ilmiah, vol.1, no.1, hh.1-3

Rokom, 2021, KasusPertama Omicron Di Indonesia Diduga Dari WNI Yang Datang Dari Nigeria, dilihat 23 Maret 2022, https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211219/5339013/kasus-pertama-omicron-di-indonesia-diduga-dari-wni-yang-datang-dari-nigeria/

Samsul Pahmi, dkk 2021, ‘Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.4, no.1, hh.55-59

Sari, N. (2016). Pola Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk Mengoptimalkan Kemampuan Anak Autis di Sekolah Dasar. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(2), 31-35

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi.

Tri Handayani, dkk 2020, ‘Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.1, no.1, hh.107-115

Zumaroh,A.Khasanah. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang

Downloads

Published

2022-09-21

Issue

Section

Articles