SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK-ANAK DENGAN MEDIA PUZZLE DI KELURAHAN PENFUI TIMUR KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Susilo Setyo Utomo Universitas Nusa Cendana
  • Djakariah Djakariah Universitas Nusa Cendana
  • Jonas Thene Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1251

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Media Puzzle

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Penfui Timur Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Target luaran yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Anak-anak di Desa Penfui Timur dapat mengembangkan karakter, selain belajar formal. (2) Anak-anak di Desa Penfui Timur dapat mengaplikasikan pengalaman dan ilmu yang kami berikan dengan sarana puzzle, selama maupun setelah kegiatan ini berlangsung. (3) Anak-anak mengenal kekayaan dan nilai-nilai sosial budaya yang mereka miliki dan mengandung nilai-nilai karakter di dalamnya yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (4) Anak-anak di Desa Penfui Timur dapat mencintai dan melestarikan budaya mereka. Metode yang digunakan dalam Pengabdian kepada masyarakat ini didesain dalam bentuk ceramah, diskusi dan sharing pendapat baik dengan anak maupun orang tuanya dalam rangka untuk menjawab masalah yang berkaitan dengan upaya menanamkan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal pada anak-anak di Penfui Timur dan permainan anak-anak dengan media puzzle. Media puzzle sangat pas untuk dipakai karena puzzle identik dengan anak yaitu dunia bermain. Puzzle juga memiliki manfaat untuk meningkatkan keterampilan kognitif, keterampilan motorik halus, keterampilan sosial, keterampilan berinteraksi dengan orang lain, melatih koordinasi mata dengan tangan, melatih logika, melatih kesabaran, dan memperluas pengetahuan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa puzzle berbasis kearifan lokal memuat nilai-nilai karakter sebagai salah satu sarana dalam mengembangkan karakter  pada anak-anak. Dengan pertimbangan bahwa anak-anak lebih menyukai permainan ini karena dianggap menarik dan tidak membosankan.


Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Media Puzzle

 

ABSTRACT

Community Service is carried out in Penfui Timur Village, Kupang Tengah District, Kupang Regency. The expected output targets through this activity can be formulated as follows: (1) Children in East Penfui Village can develop their character, in addition to formal learning. (2) Children in Penfui Timur Village can apply the experience and knowledge that we provide using puzzles, both during and after this activity takes place. (3) Children recognize the wealth and socio-cultural values they have and contain character values that can be applied in daily life. (4) Children in East Penfui Village can love and preserve their culture. The method used in community service is designed in the form of lectures, discussions, and sharing of opinions both with children and their parents to answer problems related to efforts to instill character-based values of local wisdom in children in East Penfui and children's play with puzzle media. The media puzzle is very fitting to use because a puzzle is identical to children, namely the world of play. Puzzles also have benefits for improving cognitive skills, fine motor skills, social skills, interacting skills with others, training eye coordination with hands, training logic, training patience, and expanding knowledge. The results of this activity show that local wisdom-based puzzles contain character values as a means of developing character in children. With the consideration that children prefer this game because it is considered interesting and not boring.

 

Keywords: Character Education, Local Wisdom, Media Puzzle

Author Biographies

Susilo Setyo Utomo, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Sejarah

Djakariah Djakariah, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Sejarah

Jonas Thene, Universitas Nusa Cendana

Prodi Pendidikan Sejarah

References

Arief S. Sadiman, et al. (2009). Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfataannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Dooley, D., 1984, Social Research Method, Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall, Inc.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Koesoema, Doni, A. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. 1992. Educating For Character How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Pusat Pengembangan Kurikulum. 2011. Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa bagi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Miles, M.B., and Huberman, A.M. 1987. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods, Newbury Park: Sage Publication.

Moleong J. Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Shimahara, N., 1988, Anthroethnography: A Methodological Consideration. In R.R., Sherman and R.B. Webb, Qualitative Research in Education, Focus and Method, London: Falmer Press.

Spradly, J. 1997. James p. Spradley, Metode Etnografi. Penerbit: PT. Tiaara Wacana Yogya, 1997.

Sutopo, H. B. 2006. Metode Penelitian kualitatif. Universitas Sebelas Maret Press, Surakarta.

Vredenbregt J.1980. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia

Downloads

Published

2019-11-19

Issue

Section

Articles