PENDAMPINGAN BRANDING UNTUK TINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM SIRUP JAHE DI KELURAHAN TANGGUNG KOTA BLITAR

Authors

  • Gadis Elvira Amanda Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12574

Keywords:

accompaniment, Ginger syrup MSMEs, branding, packaging.

Abstract

UMKM merupakan salah satu faktor pendorong perekonomian yang terdapat di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan UMKM dapat menekan jumlah pengangguran sehingga UMKM memiliki kontribusi yang besar dalam pembangunan sebuah negeri. Banyaknya UMKM yang tersebar hampir di setiap pelosok Indonesia, membuat pelaku UMKM harus berusaha membuat cara agar tetap bisa bertahan diantara persaingan UMKM. Terdapat strategi yang dapat membuat kesuksesan UMKM dalam bersaing dengan produk UMKM lainnya. Salah satu strategi yang digunakan adalah branding. UMKM sirup jahe yang berada di Kelurahan Tanggung Kota Blitar  memiliki permasalahan pada branding. Permasalahan yang dihadapi yaitu pada label dan kemasan yang kurang menarik. Selain itu pemasaran yang dilakukan oleh pemilik UMKM sirup jahe masih tradisional yaitu masih dari mulut ke mulut. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh UPN “Veteran†Jawa Timur, kelompok 29 KKN Tematik membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi UMKM sirup jahe. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan yaitu agar penjualan pada UMKM sirup jahe dapat meningkat dengan cara branding label, kemasan maupun modernisasi pemasaran. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data, dengan cara wawancara dan observasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu terciptanya desain label baru yang lebih menarik, kemasan yang tidak merusak kualitas dari sirup jahe dan pembuatan website company profile sebagai media pemasaran

Author Biographies

Gadis Elvira Amanda, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Jurusan Teknik, Program Studi Teknik Industri

Isna Nugraha, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Jurusan Teknik, Program Studi Teknik Industri

References

Ahmad, J., Bayu, H., M. Anggiri Jauzy, A., Baiq Yolanda Ika, A., Tapaul, R., & Eka S, P. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3), 162–166.

Diana, L., Amini, N. P., Ahsan, A. D., Revandra, M., & Harum, A. (2022). Upaya Branding Umkm Kelurahan Dukuh Sutorejo Dengan Pembuatan Desain Logo Dan Kartu Nama. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 1(2), 1–6.

Framita, D. S., Maulita, D., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan , Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. 2, 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Berpikir Di Dunia Politik (Ubaedy & Wiranata, Ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawati, R. (n.d.). Kemasan Kaca . Academia.Edu.

Mas, S., R, M. L., & W, T. N. D. (2022). Branding dan Digital Marketing untuk Pengembangan Umkm Minuman Sari Buah Stroberi. September.

Mayasi, S. R., Nugraha, I., & Wonosalam, K. (2021). Pendampingan Proses Sertifikasi Sni Pada Umkm Kopi Binaan Bsn. 6(September), 1–7.

Nugraha, I. (2022). Pelatihan Desain dan Proses Pengemasan Produk Olahan Daun Kelor di Kelurahan Karah , Kecamatan Jambangan , Surabaya , Jawa Timur. 2(1).

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan Umkm. Imajinasi : Jurnal Seni, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Pauzy, D. M., & Risana, D. (2021). Pelatihan Keterampilan Mendesain Kemasan Dan Branding Dalam Penjualan Produk (Beras Setra Ramos) Di Wilayah Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4, 101–106. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3587%0Ahttps://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/download/3587/1733

Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal Of Community Engagement in Health, 3(2), 266–274.

Sholeh, M., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk ukm. 4(November), 430–436.

Downloads

Published

2023-03-07

Issue

Section

Articles