BRANDING UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ECOPRINT ANDIN COLLECTION

Authors

  • Muhammad Naufal Nazhif Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673

Keywords:

accompaniment, ecoprint MSME, branding

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) memerlukan suatu strategi yang dilakukan dalam pemasaran produk usaha untuk meningkatkan daya saing serta dapat mengembangkan usaha salah satunya melalui cara  branding. Tujuan dilakukan branding adalah untuk memberikan merek pada umkm agar produk dapat dikenal lebih luas. UMKM Andin Collection merupakan salah satu UMKM yang berada di Kelurahan Kauman yang memproduksi kerajinan kain ecoprint. Dalam pengabdian ini Tim Kelompok 24 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran†Jawa Timur melakukan pengembangan usaha Andin Collection. Upaya pengembangan UMKM Andin Collection memerlukan suatu strategi dalam pemasaran produknya untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kualitas usahanya sebafai produk unggulan Kota Blitar khususnya Kelurahan Kauman. UMKM Andin Collection memiliki permasalahan dalam branding produk, permasalahan yang dihadapi adalah label yang kurang menarik dan strategi pemasaran hanya melalui mulut ke mulut serta melakukan produksi saat menerima pesanan atau made by order. Tujuan dari upaya pengembangan melalui branding ini adalah untuk memperbaiki manajemen usaha melalui peningkatan strategi pemasaran serta perluasan pemasaran melalui konten digital. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data melalui wawancara dan observasi secara langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terciptanya label baru yang lebih menarik serta pembuatan website penjualan untuk pemasaran produk.

 

Kata kunci: pendampingan; UMKN ecoprint; branding

 

ABSTRACT

The development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) requires a strategy that is carried out in marketing business products to increase competitiveness and be able to develop businesses, one of which is through branding. The purpose of branding is to give a brand to SMEs so that the product can be known more widely. MSME Andin Collection is one of the MSME in Kauman Village which produces ecoprint fabric crafts. In this service the East Java MBKM Thematic KKN Group Team of 24 UPN "Veteran" is developing the Andin Collection business. Efforts to develop MSME Andin Collection require a strategy in marketing its products to increase competitiveness and develop the quality of its business as a superior product for Blitar City, especially for Kauman Village. MSME Andin Collection has problems in product branding, the problems faced are unattractive labels and marketing strategies only by word of mouth and carrying out production when receiving orders or made by orders. The aim of this development effort through branding is to improve business management through improving marketing strategies and expanding marketing through digital content. The method used is data collection through interviews and direct observation. The result of this community service activity is the creation of a new, more attractive label and the creation of a sales website for product marketing.

 

Keywords: accompaniment; ecoprint MSME; branding

References

Billah, M., Syahniar, E. N., Olifia, I., & Alfatoni, M. (2022). Pembaruan Manajemen Pemasaran Batik Wonomadyo dengan Peningkatan Kualitas Packaging dan Digital Marketing. 2(2), 223–232.

Diarta, I. K. S., Lestari, P. W., Putu, A., & Dewi, C. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT . Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. 4(2), 170–187.

Fanaqi, C., Salamah, U., & Rahmadhan, D. G. (2022). STRATEGI MARKETING DESA WISATA BERBASIS DIGITAL. 6(2), 233–248.

Fanaqi, C., & Yatnosaputro, R. U. D. S. (2022). Strategi e-marketing umkm produk makanan 3s opieun nheunah di masa pandemi covid-19. 4(1), 1–8.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. 1(2), 61–76.

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2020). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan. 16(1).

Hikmah, R., & Sumarni, R. A. (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah menjadi Kerajinan Ecoprinting. 2(1), 105–113.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Irmayanti, Suryani, H., & Megavitry, R. (2020). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pembuatan Ecoprint Pada Peserta Kursus Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar. 1(1), 43–50.

Iskandar, J., Prasetya, A., & Fitriyasari, M. (2022). PENGUATAN STRATEGI MARKETING INDUSTRI KREATIF MASYARAKAT (UMKM) MELALUI BRANDING DESIGN. 02(03), 1509–1514.

Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., Nurfaizah, A., Mustofa7, Rohimah, T., & Yanuar, R. (2022). Pengembangan UMKM melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang , Kabupaten Cilacap ( MSME Development through Optimizing Branding and Using Digital Media in Sindangbarang Village , Cilacap Regency ). 4(April), 70–84.

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Nf, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan Produk UMKM “ Calief †Melalui Strategi Branding Komunikasi. 1(2), 348–354.

Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). PENDAMPINGAN PENERAPAN BRANDING PADA USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH RUMAH MAKAN ABUN DI KABUPATEN BENGKAYANG. 5(2), 184–195.

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. 2(1), 125–136.

Sofiyana, M. S., Lestari, L. D., Triamini, M. H., Faizah, A. I., & Ardiyansyah, V. R. (2021). SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN SUTOJAYAN, KABUPATEN BLITAR. 4, 96–100.

Sudarwati, Y., & Satya, V. E. (2013). Strategi pengembangan merek usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(1), 89–101.

Sugandini, D., Effendi, M. I., Istanto, Y., Arundati, R., & Rahmawat, E. D. (2019). PEMASARAN DIGITAL : ADOPSI MEDIA SOSIAL PADA UKM (Issue November). Zahir Publishing.

Tasya, C., Sari, P., Yuliansya, T. D., & Mandasari, V. (2022). Optimalisasi Branding UMKM Olahan Belimbing Wuluh Sebagai Produk Unggulan Di Sambiarum. 1305–1314.

Downloads

Published

2023-03-08

Issue

Section

Articles