PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI KADILUWIH KECAMATAN SALAM

Authors

  • Irham Nugroho Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Khusnul Fatmawati Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Amelia Hasna Fatikasari Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ajeng Novita Fitriana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Latif Febbi Yulianto Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Nindita Dava Aulia Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14202

Keywords:

character education, pancasila, teachers, students, training

Abstract

ABSTRAK

Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana cara memastikan pelajar benar-benar mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dari profil pelajar ke kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan tantangan bagi sekolah dasar untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila secara efektif serta memastikan para pelajar memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Tujuan pengabdian ini berupaya menanamkan karakter siswa dengan memperkuat kemampuan dan potensi siswa dalam menilai baik dan buruk, menjunjung tinggi nilai-nilai yang baik, dan menghayatinya. Mekanisme yang akan diterapkan untuk kegiatan ini adalah model pemberdayaan masyarakat partisipatif, yakni Participatory Rural Appraisal (PRA). Metode PRA dipilih dikarenakan yang menghadapi masalah adalah mitra. Oleh karena itu, keterlibatan mitra dalam pemecahan masalah dan penyelesaiannya sangat diperlukan. Metode tersebut dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa kemampuan guru mengenai proyek profil pelajar Pancasila telah meningkat dari 57% menjadi 77%. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan proyek profil pelajar Pancasila membuat para guru lebih mengetahui dan memahami materi tersebut. Selain itu, hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada orang tua dalam kegiatan parenting menunjukkan bahwa tingkat kesepakatan mereka terhadap kegiatan tersebut cukup tinggi, dengan hasil sebesar 97.33%. Hal ini menunjukkan bahwa ada dukungan dari orang tua terhadap kegiatan tersebut.

 

Kata kunci: pendidikan karakter; pancasila; guru; peserta didik; pelatihan

 

ABSTRACT

Implementation of the Pancasila Student Profile in SD is an effort to improve the quality of education. The problem faced is how to ensure students really apply Pancasila values from student profiles to everyday life. This is a challenge for elementary schools to teach Pancasila values effectively and ensure students understand and apply them in their lives. The purpose of this service seeks to instill student character by strengthening students' abilities and potential in assessing good and bad, upholding good values, and living them. The mechanism that will be applied for this activity is a participatory community empowerment model, namely Participatory Rural Appraisal (PRA). The PRA method was chosen because the one facing the problem is the partner. Therefore, the involvement of partners in solving problems and solving them is very necessary. The method is divided into three stages, namely preparation, implementation, and report preparation. The results of the mentoring show that the teacher's ability regarding the Pancasila student profile project has increased from 57% to 77%. These results indicate that the Pancasila student profile project activities make the teachers know and understand the material better. In addition, the results of the questionnaires that were distributed to parents in parenting activities showed that their level of agreement with these activities was quite high, with a result of 97.33%. This shows that there is support from parents for these activities.

 

Keywords: character education; pancasila; teachers; students; training

References

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Islam Riau, U. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201–210. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898

Imron, I., Nugroho, I., & Subur, S. (2019). PKU Dengan Majelis DIKDASMEN PCM Salam: Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Sampah Melalui Pendekatan Berbasis 3R Dalam Rangka Mewujudkan Sekolah Sehat di SMP Muhammadiyah Salam. Community Empowerment, 4(1), 34–40.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.

Nugroho, I., Apriana, R. N., Andriani, S., Aeni, U. N., Hafidh, F. M., & Nurrokhman, R. A. (2022). Quality assistance for MI Muhammadiyah, Salam District towards a great madrasa with dignity. Community Empowerment, 7(1), 5–11. https://doi.org/10.31603/ce.5274

Nugroho, I., Kurniawati, E., Cahyani, R., Muna, K. C., & Priastuti, A. (2022). Efforts to increase the attractiveness of madrasah through improving human resources quality and structuring infrastructure. Community Empowerment, 7(10), 1665–1670.

Nugroho, I., Riyanto, D., Syafahira, S., Latifah, A. A. N., Pratama, F. A., & A’la, H. K. (2022). Pendampingan Program Digitalisasi di Muhammadiyah Boarding School Tarbiyatul Mukmin Kecamatan Salam. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 582–591.

Nur, M., Wahyuddin, W., Syukur, U., Malik, F., & Syaharuddin, S. (2023). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Dan Pameran Hasil Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 5 Pangali-Ali. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 485–490.

Puspitoningrum, E., Waryanti, E., Muarifin, M., Sasongko, S. D., Pitoyo, A., Agan, S., … Lailiyah, N. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Medongeng Keong Mas di Desa Karangrejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 450–455.

Rahayu, D. W., & Taufiq, M. (2020). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Living Values Education (LVE) Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1305–1312.

Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16–25.

Downloads

Published

2023-06-23

Issue

Section

Articles