PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS INOVATIF BERBASIS BOKAS (BOTOL DAN KARDUS BEKAS) BAGI GURU PAUD AS-SHOLIHAH BANYUMULEK TAHUN 2023

Authors

  • Islahudin Islahudin University of Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah University of Muhammadiyah Mataram
  • Hamzah Hamzah University of Muhammadiyah Mataram
  • Anas Setiawan University of Muhammadiyah Mataram
  • Hidayat Hidayat University of Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14563

Keywords:

learning media, science, innovative, BOKAS.

Abstract

ABSTRAK

Prioritas permasalahan yang dihadapi mitra yaitu guru PAUD As Sholihah Banyumulek belum bisa merancang media pembelajaran berbasis botol dan kardus bekas (BOKAS). Tujuan pengabdian ini yaitu 1) memberikan pelatihan bagi guru PAUD As Sholihah Banyumulek dalam merancang media pembelajaran sains inovatif berbasis botol dan kardus bekas (BOKAS); 2) memberikan pendampingan bagi guru PAUD As Sholihah Banyumulek dalam implementasi dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran sains inovatif berbasis BOKAS. Metode yang digunakan terdiri dari 3 langkah yaitu 1) Tahap persiapan, melakukan komunikasi awal dengan mitra, 2) Tahap pelaksanaan, berupa kegiatan sosialisasi dan implementasi pengabdian masyarakat, dan 3) Monitoring dan evaluasi untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada pada kelompok mitra dengan memberikan masukan dan saran pada setiap kesulitan dalam membuat media pembelajaran sains inovatif berbasis BOKAS dan implementasinya dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil sosialisasi dan implementasi pengabdian kepada masyarakat tersebut dapat disimpulkan yaitu 1) sebesar 90% guru PAUD As Sholihah Banyumulek mampu merancang media pembelajaran inovatif berbasis BOKAS sesuai dengan topik pembelajaran yang sedang diajarkan; 2) sebesar 90% guru PAUD As Sholihah Banyumulek mampu menerapkan metode pembelajaran sains inovatif menggunakan media pembelajaran sains berbasis Botol dan Kardus Bekas (BOKAS) dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata kunci: media pembelajaran; sains; inovatif; BOKAS.

 

ABSTRACT

The priority problem faced by the partner is the teacher of PAUD As-Sholihah Banyumulek can not design media learning based on the used bottle and cardboard box (BOKAS). The objectives of this service are 1) to provide training for PAUD As Sholihah Banyumulek teachers in designing innovative science learning media based on used bottles and cardboard (BOKAS); 2) to provide assistance for PAUD As Sholihah Banyumulek teachers in implementing learning using innovative science learning media based on BOKAS. The method used consists of 3 steps, namely 1) The preparation stage, conducting initial communication with the partners; 2) The implementation stage, in the form of socialization and implementation of community service; and 3) Monitoring and evaluation to help overcome existing problems in the partner group by providing input and suggestions on any shortcomings in making innovative science learning media based on BOKAS and its implementation in learning. Based on the results of the socialization and implementation of community service, it can be concluded that 1) 90% of PAUD As Sholihah Banyumulek teachers are able to design innovative learning media based on BOKAS according to the learning topic being taught; 2) 90% of PAUD As Sholihah Banyumulek teachers are able to apply innovative science learning methods using science learning media based on Used Bottles and Cardboard (BOKAS) in classroom learning.

 

Keywords: learning media; science; innovative; BOKAS.

Author Biographies

Islahudin Islahudin, University of Muhammadiyah Mataram

------------------------

Scopus ID: -

Sinta ID: 6040952

Google Scholar

------------------------

Field of Research Interest:

Physic Education, Instrumentation

Haifaturrahmah Haifaturrahmah, University of Muhammadiyah Mataram

Elementary School Teacher Education

Hamzah Hamzah, University of Muhammadiyah Mataram

physics education

Anas Setiawan, University of Muhammadiyah Mataram

physics education

Hidayat Hidayat, University of Muhammadiyah Mataram

physics education

References

Adnyani, N. L. P. S., Paramarta, I. M. S., & Suarcaya, P. (2017). PEMANFAATAN BARANG BEKAS LAYAK PAKAI SEBAGAI ALAT PERAGA BAHASA DI TK WISATA KUMARA DAN TK KUMARA KERTI. JURNAL WIDYA LAKSANA. https://doi.org/10.23887/jwl.v3i2.9161

Djeni, D., Waluyo, E., Agustin Anggraini, V., & Denny Pratama, L. (2019). Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian. Pengabdian, 3(1), 1–12.

Ermawati, I. R., Kusdiwelirawan, A., Sugianto, S., N.S, N., Farhan, N. . ., & Fachry. S., M. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Bantu Pengajaran IPA pada Percobaan Bandul Matematis, Tekanan Hidrostatis, Pengukuran Tekanan Zat Cair, serta Kecepatan dan Percepatan bagi Guru-Guru IPA Sekolah Sahabat. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 104–111. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43272

Haifaturrahmah, H., Nizaar, M., & Mas’ad, M. (2017). PEMANFATAAN BOTOL PLASTIK BEKAS SEBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.8

Islahudin, I. (2022). Utilizing Flat Coil-Based Vibration Sensor on A Bamboo Drum as Disaster Preparedness Media For Students. 7(3), 316–326.

Islahudin, I., Isnaini, M., & Hidayat, S. (2022). SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF BAGI GURU SD 2 AISYIYAH MATARAM. 6(September), 1468–1472.

Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). PKM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MEKANIKA APLIKATIF BAGI GURU IPA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3211

Islahudin, I., Riadi, F., Rosdaniah, R., & Yustina Yuyun, Y. Y. (2019). Rancang Bangun Sensor Tekanan Berbasis Koil Datar Untuk Mengukur Tekanan Hidrostatis Air Bendungan Rawan Banjir Di Wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 1. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.893

Islahudin, I., Sabaryati, J., Zulkarnain, Z., Khaerani, S., Pathoni, H., & Idris, K. (2019). PELATIHAN MERANGKAI KOMPONEN RANGKAIAN LISTRIK DENGAN METODE “DEBU†(DEMONSTRASI, BAHAS, DAN UNJUK KERJA) BAGI GURU FISIKA DI DESA AIK DAREQ, KECAMATAN BATUKLIANG, LOMBOK TENGAH TAHUN 2019. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.884

Purnama, A. M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF PENINGKATAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN ANAK PADA PKK DUKUH SETRO 8A.

Susilo, R., Ardiansyah, N., Trisnowati, E., & Nurhikmahyanti, D. (2021). The Utilization of Used Stuff in Making Teaching Tool Based on Local Wisdom as a Means to Increase Teacher Professionalism. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 74. https://doi.org/10.32699/spektra.v7i1.198

Downloads

Published

2023-06-15

Issue

Section

Articles