PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI GUGUS 5 KOTA MATARAM

Authors

  • Sintayana Muhardini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sudarwo Sudarwo Universitas Terbuka
  • Khaerul Anam Universitas Terbuka
  • Arpan Islami Bilal
  • Deviana Mayasari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Aliahardi Winata Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haeruni Haeruni SDN 9 Ampenan
  • Asmahul Husnah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ni Made Santi Pratiwi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurul Hidayanti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rizky Fitri Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Susilawati Susilawati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Desi Milandari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14580

Keywords:

author’s guideline, document’s template, format, style.

Abstract

ABSTRAK                                                               

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakuri kuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peseta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Adapun tujuan pengabdian ini yaitu untuk menambah wawasan guru terkait implementasi kurikulum merdeka dalam penyusunan dan pengembangan perangkat  di SDN 9 Ampenan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi tiga tahapan: tahap persiapan, tahap implementasi dan tahap evaluasi kegiatan pengabdian. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan sudah berjalan dengan lancar dan diketahui masih terdapat guru yang belum memahami sistematika penyusunan perangkat pembelajaran, namun dengan adanya pelatihan ini dapat memudahkan guru untuk memahami penyusunan perangkat serta penerapannya dalam kurikulum merdeka.

 

Kata kunci: petunjuk penulisan; template dokumen; format; style.

 

ABSTRACT

The independent curriculum is a curriculum with diverse intracurricular learning where content will be optimized so that learners have enough time to explore concepts and strengthen competencies. Teachers have the flexibility to choose various teaching tools so that learning can be tailored to the learning needs and interests of students. The purpose of this service is to add teachers' insights related to the implementation of the independent curriculum in the preparation and development of tools at SDN 9 Ampenan. The method used in this service is descriptive qualitative. The implementation of this service activity includes three stages: the preparation stage, the implementation stage and the evaluation stage of the service activity. The results of this service show that the activity has run smoothly and it is known that there are still teachers who do not understand the systematic preparation of learning tools, but with this training it can make it easier for teachers to understand the preparation of tools and their application in the independent curriculum.

 

Keywords: author’s guideline; document’s template; format; style.

Author Biographies

Sintayana Muhardini, Universitas Muhammadiyah Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

Susilawati Susilawati, Universitas Muhammadiyah Mataram


References

Abdillah, A., Mandailina, V., Pramita, D., & Mahsup, M. (2020). Peningkatan kemampuan aritmatika untuk perhitungan cepat operasi aljabar siswa madrasah aliyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 101–106.

Arifa, F. N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tantangannya. Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat, 14(9), 25–30.

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2021). Peduli Covid 19 Melalui Pembagian Masker Diwilayah Kota Mataram. Abdimas Mandalika, 1(1), 17. https://doi.org/10.31764/am.v1i1.6781

Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6

Muhardini, S. (2018). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SDN 07 MATARAM (Studi Kasus pada Siswa Kelas V di SDN 07 Mataram). Jurnal Elementary, 1(1), 21. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.141

Muhardini, S., & Fujiaturrahman, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK SD BERBASIS BULETIN BOARD DISPLAY UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN LITERASI SISWA. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i2.29

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Tono Supriatna Nugraha. Jurnal UPI, Inovasi Kurikulum, 251–262.

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rizkia, N., Sabarni, S., Azhar, A., Elita, E., & Fitri, R. D. (2021). ANALISIS EVALUASI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TERHADAP PEMBELAJARAN KIMIA SMA. Lantanida Journal, 8(2), 168. https://doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119

Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional Paedagoria, 2(1), 10–16.

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417.

Downloads

Published

2023-06-11

Issue

Section

Articles