STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DESAIN LABEL KEMASAN DAN BANNER PADA UMKM SURYA MAKMUR

Authors

  • Nalsa Cintya Resti IAIN KEDIRI
  • Nur Fadilatul Ilmiyah IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14637

Keywords:

SME, design, packaging label, banner

Abstract

ABSTRAK

Label kemasan dan banner merupakan seperangkat komponen penting dalam pemasaran sebuah produk. Oleh karena itu, keterampilan dalam mendesain label kemasan dan banner yang baik perlu dimiliki oleh sumber daya manusia yang ada di dalam UMKM. Surya Makmur merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang produksi makanan ringan namun belum memiliki branding produk serta pencatatan keuangan yang baik. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan tentang cara memberikan branding pada produk serta cara mendokumentasikan sirkulasi keuangan yang efektif. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Dalam hal ini, pelatihan dan pendampingan difokuskan pada cara menyusun banner dan label produk, serta cara mengoperasikan aplikasi pencatatan keuangan. Kegiatan ini melibatkan 2 orang tim narasumber serta 3 orang karyawan di UMKM Surya Makmur Lamongan. Adapun output dari kegiatan pengabdian ini berupa 5 buah label produk, 1 buah banner, dan pemilik usaha UMKM Surya Makmur mampu mengoperasikan aplikasi BukuKas untuk pengelolaan pencatatan keuangan.

 

Kata kunci: UMKM; desain; label kemasan; banner

 

ABSTRACT

Packaging labels and banners are important components in marketing a product. Therefore, human resources in SMEs must be skilled in designing good packaging labels and banners. Surya Makmur is an SME engaged in the production of snacks but does not yet have product branding and good financial records. The purpose of this service activity is to provide insight on how to provide branding to products and how to document effective financial circulation. This service activity is carried out using training and mentoring methods. In this case, training and assistance are focused on how to arrange banners and product labels, as well as how to operate a financial application. This activity involved two resource persons and three employees at SME Surya Makmur Lamongan. The output of this activity is in the form of five product labels and one banner, and the SME Surya Makmur business owner can operate the BukuKas application for managing financial records.

 

Keywords: SME; design; packaging label; banner

References

Hananto, D. (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di tangsel. Prosiding SEMNASLIT.

Herydiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84–89.

Julianti, S. (2014). The Art Of Packaging: Mengenal Metode, Teknik, dan Strategi pengemasan Produk untuk Branding dengan Hasil Maksimal. Gramedia.

Juniawan, F. P., Sujono, Sylfania, D. Y., & Hamidah. (2023). Pembuatan Desain Kemasan Produk untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga dengan Metode Participatory Learning and Action. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 11–20. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita/article/view/3851

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha ). Ekonomi Manajemen, 2(November), 48–54.

Nasution, Z. A., & Limbong, H. P. (2018). Kajian Faktor-Faktor Penguat Usaha Pengembangan UKM Makanan Ringan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 195–201.

Nurhayati, A., Lasmanawati, E., & Yulia, C. (2012). Pengaruh Mata Kuliah Berbasis Gizi pada Pemilihan Makanan Jajanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1, 1–6.

Prasetyawati, M., Sudarwati, W., … J. J.-P. S., & 2022, U. (2022). Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Umkm Olahan Makanan Di Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Jurnal.Umj.Ac.Id. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14915

Rachman, B. J., & Santoso, S. B. (2015). Analisa Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Citra Merek. Diponegoro Journal Of Management, 4(1), 1–15.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Soejono, F., Sunarni, T., Kusmawati, Samuel, S., & Angeliana, W. (2021). Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha. Logista Vol. 4 No.2 Tahun 2020 Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 2013–2015.

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1).

Suci, Y. R. (2017). Development of MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.

Sucipta, IN, K. S. dan P. K. D. K. (2017). Pengemasan Pangan Kajian Pengemasan Yang Aman, Nyaman, Efektif Dan Efisien. Udayana University Press, 1–178.

Sukma Wijaya, R., & Sartika, D. (2021). Sosialisasi Aplikasi Bukukas Solusi Pembukuan Keuangan Digital bagi UMKM Lubuk Minturun. Prosiding PKM-CSR, 4, 1165.

Utari, D. T. (2016). Manajemen Pemasaran : Kasus dalam Pengembangan Pasar Wisata Kuliner Tradisional Betawi. CV. Pena Persada.

Yani, A. V., Khotimah, K., Kristiana, Z., Palembang, U. M., & Author, C. (2021). Edukasi Jenis Kemasan yang Aman untuk Pangan Bagi Siswa SMP 4 Rantau Panjang Ogan Ilir. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–4.

Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. http://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/view/990

Downloads

Published

2023-06-11

Issue

Section

Articles