PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH MATARAM

Authors

  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhammad Hudri Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Irwandi Irwandi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rima Rahmaniah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Hijril Ismail Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Hidayati Hidayati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14714

Keywords:

mentoring, english language skills, orphanage.

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu anak-anak panti asuhan dalam mengembangkan kemampuan  bahasa inggris. Pengabdian ini dilakukan bagi anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah dengan jumlah peserta 14 orang. Metode dalam pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam tiga tahapan : (1) tahap pengamatan, (2) tahap pengajaran, dan  (3) tahap evaluasi.  Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa kemampuan  bahasa Inggris anak-anak Panti Asuhan mengalami peningkatan  baik dari aspek kosakata, tata bahasa, pengucapan , kelancaran dan akurasi.

 

Kata kunci: pendampingan; kemampuan bahasa inggris; panti asuhan.

 

ABSTRACT

This community service aims to help orphanage children in developing English language skills. This community service was conducted for the children of Muhammadiyah orphanage with a total of 14 participants. The method in the training was carried out using the training method. Community service activities are carried out in three stages: (1) observation stage, (2) teaching stage, and (3) evaluation stage.  The results of this service show that the English language skills of the orphanage children have improved in terms of vocabulary, grammar, pronunciation, fluency and accuracy.

 

Keywords: mentoring; english language skills; orphanage.

References

Amri, S., Maizarah, Purwanti, S. E., & Yeni, M. (2023). Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Melalui Kursus Mingguan (Weekly Course) di Panti Asuhan Puri Kasih Tembilahan Kab. Indragiri Hilir-Riau. Ikhlas: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 2(1), 8–17.

Amrizal, A., & Lubis, R. U. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Remaja Panti Asuhan Melalui Jigsaw Teknik Di Panti Asuhan Siti Aisyah. … : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 241–245. http://journal.sinergicendikia.com/index.php/emp/article/view/105%0Ahttps://journal.sinergicendikia.com/index.php/emp/article/download/105/86

Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3540

Hastuti, F. D., Windy, Matuate, V. A., Pakpahan, M., Sibatuara, U. D., & Atmaja, T. A. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak Panti Asuhan Bunda Pengharapan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. J-Abdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 4077–4048.

Ilham, I., & Irwandi, I. (2022). Pendampingan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai Di Kawasan Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2981–2992. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9329%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/9329/pdf

Ilham, I., Ismail, H., Irwandi, I., Hidayati, H., Rahmania, R., & Hudri, M. (2022). Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pedagang Asongan Di Kawasan Wisata Pantai Senggigi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3017–3022. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12198

Ilham, Irwandi, Isnaini, Y., Rahmaniah, R., Hudri, M., & Bafadal, M. F. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1051–1060. https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4046

Ilham, Isnaini, Y., Irwandi, Lukman, & Ismail, H. (2022). Pelatihan TOEFL (Test of English ss Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren. Journal of Character Education Society), 5(3), 715–725. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9228https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Nurdiana, N., Deviyanti, R., Nisa, K., & Shafwati, D. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Game Anak-Anak Di Panti Asuhan Al Falah Yasmuba. Jurnal Sumbangsih, 1(19), 130–134. https://doi.org/10.23960/jss.v5i2.263

Siregar, H., & Octavia, G. (2022). Pemberian Bimbingan Belajar Bahasa Inggris kepada Anak Usia Dini di Panti Asuhan Bani Adam ‘As Medan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.179

Sriwana, Torino, S., Shandri, & Walay, M. (2022). Pelatihan Komunikasi Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Nur Sholeh Melalui Metode Diskusi. Abdi Samulang: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42–50.

Downloads

Published

2023-06-26

Issue

Section

Articles