PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN EFEKTIFITAS PRODUKSI BAGI ANGGOTA IKATAN PENGUSAHA AISYIYAH DESA PORONG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15139

Keywords:

entrepreneurship, diversification, production effectiveness, aisyiyah.

Abstract

ABSTRAK

Program ini diberikan untuk meningkatkan SDM anggota Ikatan Pengusaha Aisyiyah Sidoarjo (IPAS) khususnya wilayah desa Porong dalam bidang pengembangan ketrampilan kewirausahaan. Adapun permasalahan yang ditemukan terkait dengan mitra adalah permasalahan pada aspek keterbatasan literasi mengenai proses pengelolaan aktivitas produksi dan pengembangan usaha. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk mengoptimalkan literasi anggota dibidang teknik pemasaran, branding, diversifikasi produk, dan peningkatan efektivitas produksi. Metode Pelaksanaan dimulai dari (1) sosialisasi teknik pemasaran dan penguatan branding, (2) pelatihan pengolahan produk kreatif berdasar potensi desa, (3) pendampingan pembuatan alat tepat guna sederhana yang mampu meningkatkan efisiensi produksi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini dan memperoleh respons positif dalam menumbuhkan semangat serta motivasi peserta untuk memperbaiki dan mengembangkan usaha mandiri yang selama ini telah dirintis. Berdasarkan hasil angket yang disebarkan juga menunjukkan nilai rata-rata sebesar 90,64 % pada aspek peningkatan literasi, motivasi dan kesesuaian topik kebutuhan.

 

Kata kunci: kewirausahaan; diversifikasi; efektivitas produksi; aisyiyah.

 

ABSTRACT

This program is given to improve human resources for members of the Aisyiyah Sidoarjo Entrepreneurs Association (IPAS) in the field of developing entrepreneurial skills. The problems found are related to aspects of limited literacy regarding the process of managing production activities and business development. Therefore, this program aims to optimize member literacy in marketing techniques, branding, and product diversification, and increase production effectiveness. The implementation method starts with (1) socialization of marketing techniques and strengthening branding, (2) training on creative product processing based on village potential, and (3) assistance in making simple, effective tools that can increase production efficiency. Data processing was carried out descriptively by using data collection tools in the form of questionnaires, interview guidelines, and documentation. The results of the implementation of the activities that have been carried out show the enthusiasm of the participants in participating in this activity and obtaining a positive response in fostering enthusiasm and motivation of the participants to improve and develop the independent business that has been initiated so far. Based on the results of the questionnaire that was distributed, it also showed an average value of 90,64% in the aspects of increasing literacy, motivation, and suitability of topic needs.

 

Keywords: entrepreneurship; diversification; production effectiveness; aisyiyah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

BPS. (2021). Indeks Pemberdayaan Gender (IDG). Sidoarjo: Badan Pusat Statistik. Diakses pda desember 2022(https://www.bps.go.id/indicator/40/468/1/indeks-pemberdayaan-gender-idg-.html.)

Diwanti, D. P., Andriyani, E., & Herawati, R. S. (2019). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI BINA USAHA EKONOMI KELUARGA ‘AISYIYAH (BUEKA). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 194-206.

Handayani, R. (2020). SOSIALISASI PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN DAN HARGA JUAL PRODUK PADA INDUSTRI LETTERING DAN OLAHAN MAKANAN DIKOTA SURAKARTA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 1-8.

Kervin, L. (2016). Powerfull and Playfull Literacy Learning with Digital Technology. Australian Journal of Language and Literacy.

Khamisah, N., Hidayat, M., Siregar, M. I., listya, A., & Saggaf, A. (2020). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SOSIALISASI DAN PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI . JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 88-94.

Mangifera, L. (2018). PEMBERDAYAAN EKONOMI ANGGOTA NASYIATUL AISYIYAH DELANGGU MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN. The National Conferences Management and Business (NCMAB) (hal. 651-659). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyadi. (2012). Akuntasi Biaya. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Mulyana, A. E., Hidayat, R., Andayani, N. R., Zuliarni, S., & Pratama, A. W. (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Abdimas-Polibatam, 62-76.

Nindiasari, A. D., Hafni, D. A., & Segarawasesa, F. S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan di Masa Pandemi Covid19. MONSU’ANI TANO:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 104-116.

Nurhaliza, S. (2022, Januari 14). economics. Diambil kembali dari idxchannel: https://www.idxchannel.com/economics/peran-dan-potensi-umkm-2022-sebagai-penyumbang-pdb-terpenting-di-ri

Riduwan, Akdon. 2007. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, C. R., Ayuningrum, A. P., & Ulum, A. S. (2022). Literasi Keuangan Bagi Komunitas di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. ABDIMAS EKODIKSOSIORA, 21-28.

VH, E. S., & Susilowati, E. (2016). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi sabun dan Deterjen. Jurnal semar Vo.IV No. 02. Jurnal Semar, 87-96.

Yuliana, F., Hasmidyani, D., Susanti, E., & Budiman, M. A. (2023). Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa melalui Webinar Kewirausahaan Berkelanjutan. Warta LPM, 22-30.

Downloads

Published

2023-06-15

Issue

Section

Articles