PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIK TOK SEBAGAI SARANA EDUKASI PENGEMBANGAN USAHA ORANG TUA WALI MURID SANGGAR BIMBINGAN SUBANG MEWAH KUALA LUMPUR MALAYSIA

Authors

  • Almani Almani Universitas Muhammadiyah Berau
  • Abdul Hakim Universitas Muhammadiyah Berau
  • Djufiansyah Ganie Universitas Muhammadiyah Berau

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15176

Keywords:

socialization, education, social media, marketplace tik tok.

Abstract

ABSTRAK

Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Sarana Edukasi Pengembangan Usaha Orang Tua Wali Murid Sanggar Bimbingan Subang Mewah Kuala Lumpur Malaysia, Tujuan yang ingin dicapai dari PKM ini ialah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dimana sebagian besar orang tua wali murid pada sanggar bimbingan subang mewah ini tidak dapat bekerja karena tidak adanya dokumen atau IC. Metode yang digunakan ialah observasi yang dimana melakukan pengamatan terhadap lingkungan Sanggar Bimbingan Subang Mewah yang dimana terdapat beberapa orang tua wali murid disekitarnya, tahap selanjutnya wawancara yang dimana diperoleh informasi tentang kondisi rumah tangga yang susah mendapatkan pekerjaan dan ruang geraknya terbatas serta sosialisasi penggunaan marketplace tik tok kepada orang tua wali murid sanggar bimbingan subang mewah. Adapun hasil yang didapatkan orang tua wali murid sanggar bimbingan subang mewah telah mempunyai skill atau kemampuan dalam menggunakan media sosial tik tok untuk berjualan seperti cara menggunakan marketplace tik tok, cara menentukan produk, cara mebuat promo seperti pemberian challange dan cara membuat konten menarik serta konsisten dalam memasarkan produk sehingga menghasilkan keuntungan yang hanya dilakukan dirumah saja atau dimanapun. Orang tua wali murid juga lebih produktif serta bisa melakukan edukasi ke anaknya. 

 

Kata kunci: sosialisasi; edukasi; media sosial; marketplace tik tok.

 

ABSTRACT

Utilization of Tik Tok Social Media as a Means of Business Development Education for Parents Students of the Subang Mewah Guidance Studio Kuala Lumpur Malaysia, The goal to be achieved of this Community Service is to provide a solution to the problem where most of the parents students of the Subang Mewah guidance studio do not can work because there are no documents or IC. The method used is an observation that makes observations of the environment of the Subang Mewah Guidance Studio where there are several parents of students around it, the next stage is interviews where information is obtained about the condition of households that have difficulty getting work and limited space and socialization of the use of the tik tok marketplace to the parent’s students of the Subang Mewah Guidance Studio. The results obtained by the parents’ students of the Subang Mewah Guidance Studio have the skills or abilities to use Tik Tok social media to sell, such as how to use the Tik Tok marketplace, how to determine products, how to make promotions such as giving challenges and how to create interesting and consistent content. marketing products to generate profits that are only done at home or anywhere. Parents of students are also more productive and can educate their children.

 

Keywords: socialization; education; social media; marketplace tik tok.

Author Biographies

Almani Almani, Universitas Muhammadiyah Berau

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ekonomi Pembangunan

Abdul Hakim, Universitas Muhammadiyah Berau

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Djufiansyah Ganie, Universitas Muhammadiyah Berau

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Asila. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Toko Buku Gramedia Jambi Dalam Meningkatkan Penjualan. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7843

Cendana, M. (2019). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Promosi Bagi Keberlangsungan Bisnis Umkm. Journal Community Development and Society, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/cds.v1i1.1649

Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., Kawet, R., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 11–20.

Permana, S. D. H., & Cendana, M. (2019). Pemanfaatan Sosial Media sebagai Strategi Promosi bagi Sustainability Bisnis UMKM. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 163–169. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4382

Permasalahan, A. L. B. (2022). dalam melaksanakan kegiatan sehari- harinya. Mulai dari belanja, konsultasi dokter, hingga berinvestasi. Masyarakat berinvestasi secara. 1–17.

Siregar, M. E. (n.d.). Aplikasi web dwi Bahasa sebagai sarana promosi usaha UMKM menggunakan Framework Laravel. September 2022, 1–8.

Alghifari, E. S., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Sarman, R. (2022). Strategi Promosi melalui Media Sosial dan Electronic Word of Mouth untuk Komunikasi Konsumen. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 114–127. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.6267

Dima, N., Uyun, N., & Dwiridotjahjono, J. (n.d.). Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram†Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 05, Issue 3). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI PENGEMBANGAN PEMASARAN WISATA DANAU LINOW DI KOTA TOMOHON UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA AS A PROMOTIONAL STRATEGY FOR MARKETING DEVELOPMENT OF LAKE LINOW TOURISM IN TOMOHON CITY. 11 Jurnal EMBA, 8(4), 11–20.

Niam, A. A., Prodi, U., Wisata, A., & Pariwisata Indonesia, J. (n.d.). Strategi Promosi Agresif Melalui Pengayaan Media Sosial di Al Qadri Haji dan Umrah Jakarta Nova Eviana (2) (1)(2). 4(1), 55–66. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1

Radini, S. P., Mulyana, M., & Noor, T. D. F. S. (2021). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Pada Padjadjaran Suites And Convention Hotel Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(1), 71–80. https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i1.787

Rahmadhani, U., Purnomo, D., & Pujinto, T. (2021). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Brand Awareness melalui Media Sosial Instagram pada Startup Trafeeka Coffee. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(2), 377–389. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.09

REVIEW JURNAL PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL. (n.d.).

Rianti, E. D., & Ali Sodik, M. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Efektif Dalam Melakukan Upaya Promosi Kesehatan.

Widuri, A. F., & Dewi, C. K. (2023). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Pada Myrubylicious Fashion Store. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 8(1), 112–121. https://doi.org/10.36636/dialektika.v8i1.2178

Downloads

Published

2023-06-17

Issue

Section

Articles