PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU DI SDN 1 JERINGO

Authors

  • Sintayana Muhardini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Raden Sudarwo Universitas Terbuka
  • Khaerul Anam Universitas Terbuka
  • Agus Herianto Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Irma Setiawan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Khosiah Khosiah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Deviana Mayasari Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17475

Keywords:

modul ajar, berdiferensiasi

Abstract

ABSTRAK                                                               

Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru telah mengalami perubahan, saat ini dalam kurikulum merdeka, guru harus mengembangkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar yang berprisip pada diferensiasi proses pembelajaran. Salah satunya adalah dalam pengembangan modul ajar. Kemampuan guru untuk menyesuaikan diri dan mengembangkan modul ajar berdiferensiasi masih kurang sehingga tujuan pengabdian ini yaitu untuk menambah wawasan guru dan keterampilan guru dalam mengembangkan modul ajar berdiferensiasi, khususnya bagi guru yang ada di SDN 1 Jeringo kecamatan Gunungsari. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi tiga tahapan: tahap persiapan, tahap implementasi dan tahap evaluasi kegiatan pengabdian. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan sudah berjalan dengan lancar , setiap guru berhasil mengembangkan produk berupa modul ajar berdiferensiasi sesuai dengan mata pelajaran yang di ajarkan di kelas masing-masing.

ABSTRACT

The learning tools used by teachers have changed, currently in the independent curriculum, teachers must develop learning tools in the form of teaching modules that are based on the differentiation of the learning process. One of them is in the development of teaching modules. The teacher's ability to adapt and develop differentiated teaching modules is still lacking, so the purpose of this service is to add to the teacher's insight and teacher skills in developing differentiated teaching modules, especially for teachers at SDN 1 Jeringo, Gunungsari sub-district. The method used in this service is descriptive qualitative. The implementation of this service activity includes three stages: the preparation stage, the implementation stage and the evaluation stage of the service activity. The results of this dedication show that the activity has been running smoothly, each teacher has succeeded in developing a product in the form of differentiated teaching modules according to the subjects taught in their respective classes.

Author Biographies

Sintayana Muhardini, Universitas Muhammadiyah Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Agus Herianto, Universitas Muhammadiyah Mataram


References

Abdillah, A., Mandailina, V., Pramita, D., & Mahsup, M. (2020). Peningkatan kemampuan aritmatika untuk perhitungan cepat operasi aljabar siswa madrasah aliyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 101–106.

Arifa, F. N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tantangannya. Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat, 14(9), 25–30.

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2021). Peduli Covid 19 Melalui Pembagian Masker Diwilayah Kota Mataram. Abdimas Mandalika, 1(1), 17. https://doi.org/10.31764/am.v1i1.6781

Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6

Muhardini, S. (2018). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SDN 07 MATARAM (Studi Kasus pada Siswa Kelas V di SDN 07 Mataram). Jurnal Elementary, 1(1), 21. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.141

Muhardini, S., & Fujiaturrahman, S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK SD BERBASIS BULETIN BOARD DISPLAY UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN LITERASI SISWA. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i2.29

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Tono Supriatna Nugraha. Jurnal UPI, Inovasi Kurikulum, 251–262.

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rizkia, N., Sabarni, S., Azhar, A., Elita, E., & Fitri, R. D. (2021). ANALISIS EVALUASI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TERHADAP PEMBELAJARAN KIMIA SMA. Lantanida Journal, 8(2), 168. https://doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119

Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional Paedagoria, 2(1), 10–16.

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417.

Downloads

Published

2023-10-26

Issue

Section

Articles