PENINGKATAN LITERASI KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON-FORMAL

Authors

  • Yana Shanti Manipuspika Universitas Brawijaya
  • Emy Sudarwati Universitas Brawijaya
  • Tantri Refa Indhiarti Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.17810

Keywords:

critical literacy, motivation, kejar paket, PKBM.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Kendedes Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan literasi kritis peserta Kejar Paket di lembaga ini. Kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan peningkatan kemampuan literasi dasar sebagai salah satu upaya percepatan edukasi warga di Malang pada khususnya. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini difokuskan pada upaya peningkatan literasi kritis sebagi pengembangan kemampuan literasi dasar peserta didik yang mengikuti pendidikan kesetaraan Paket A, B, C agar lebih baik. Dari hasil pelatihan yang diselenggarakan, seluruh peserta pelatihan menunjukkan keseriusannya untuk mengikuti proses pelatihan dari awal sampai akhir dan hasil akhir menunjukkan adanya tingkat literasi yang meningkat dan peningkatan motivasi belajar dari siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hal ini dapat berpotensi menjadi pilot project untuk pengembangan pelatihan di PKBM lainnya di Malang Raya. Di samping itu, kontribusi kegiatan ini adalah mengembangkan pengetahuan dan daya literasi dan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci: literasi kritis; motivasi; kejar paket; PKBM.

 

ABSTRACT

This community service activity was carried out at the PKBM (Community Learning Activity Center) Kendedes, Lowokwaru District, Malang City. This activity aims to develop the critical literacy skills of Kejar Paket students at this institution. This activity is considered an activity to improve basic literacy skills as an effort to accelerate the education of residents, particularly in Malang. This community service activity is focused on efforts to increase critical literacy as a means of developing the basic literacy skills of students who take part in Equivalency Education Packages A, B, and C to make them better. From the results of the training that had been organized, all participants showed their seriousness in participating in the training process from the beginning of the sessions to the end; moreover, the final results showed an improved literacy level and increased learning motivation from students in the learning process. Thus, this could potentially become a pilot project for developing training at other PKBM in Malang Raya. Apart from that, the contribution of this activity is to develop students’ knowledge, literacy, and learning motivation.

 

Keywords: critical literacy; motivation; kejar paket; PKBM.

Author Biography

Emy Sudarwati, Universitas Brawijaya


References

Aaij, R., Beteta, C. A., Ackernley, T., Adeva, B., Adinolfi, M., Afsharnia, H., Aidala, C. A., Aiola, S., Ajaltouni, Z., Akar, S., Albicocco, P., Albrecht, J., Alessio, F., Alexander, M., Albero, A. A., Alkhazov, G., Cartelle, P. A., Alves, A. A., Amato, S., … Zucchelli, S. (2020). Erratum to: Updated measurement of time-dependent C P -violating observables in B s 0 → J / ψ K + K - decays. European Physical Journal C, 80(7). https://doi.org/10.1140/epjc/s10052-020-7875-0

Abidin, Z., Sendratari, L.P., Maryati, T. (2019). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Amartha Yoga Di Desa Gerokgak, Buleleng, Bali. Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan, 1(1), 66–76. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPSU/article/download/26669/15645

Faizah, D. U. (2016). Panduan Gerakan Literasi. In Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 1).

Farchan, A. (2018). Keragaman Basis Paradigmatik Teknologi Pendidikan dan Potensinya untuk Transformasi Sosial. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 53–56. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.25926

Ganasan, M. J., Abd. Razak, N., & Jamal, M. (2020). Malaysian high schoolers’ reading literacy performance: Trends and patterns across states. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(1), 161–172. https://doi.org/10.17509/IJAL.V10I1.25031

Hayatin, N. (2019). Peningkatan Literasi Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ensiklopedia Anak. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47. https://doi.org/10.22219/jpa.v2i1.8316

Hendriani, A. (2018). Pedagogik Literasi Kritis ; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan. Pedagogia, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10811

Hidayah, A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran ( THE INFORMATION LITERACY ) TIPE THE BIG6. Pena, 4, 623–635.

Manipuspika, Y. S., Indhiarti, T. R., & Sudarwati, E. (2021). Pemanfaatan Blog Sebagai Sarana Promosi Kampung Wisata Di Masa Pandemi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 676. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5370

Munadi, S., Wening, S., Sutiyati, E., & Nursa’ban, M. (2014). Laporan Kegiatan Program Pengabdian: PELATIHAN PENELITIAN SURVEI BAGI GURU SMP DI KECAMATAN PALIYAN KABUPATEN GUNUNG KIDUL.

Mutmainnah, F. A. (2016). Pemikiran A. Chaedar Alwasilah tentang Pendekatan Literasi (Genre Based Approach) dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Arab (Issue June).

Rahayu, N. W., & Sofia, N. (2021). Pelatihan Literasi Digital Pada Sekolahrumah Salihah Yogyakarta: Animasi, Poster Digital, Video Dan Gim. Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(2), 50–59. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art1

Rofifah, D. (2020). Pkbm. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Safitri, A. (2020). Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter dalam Masyarakat di Desa Bonde Kec. Campalagian Kab. Polewali Mandar. Eprints Repository Software, 1(69), 5–24.

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 67–76. https://doi.org/10.21009/jiv.1002.1

Stadtländer, C. T. K.-H. (2009). Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Research. Microbe Magazine, 4(11), 485–485. https://doi.org/10.1128/microbe.4.485.1

Sudarwati, E., Manipuspika, Y. S., & Indhiarti, T. R. (2017). PELATIHAN PENGAJARAN ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS (EYL) BAGI PARA PENGAJAR SEKOLAH ALAM NGELMU PRING BATU. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(1 SE-Articles), (58-64). https://doi.org/10.21067/jpm.v2i1.1739

SUHENDRO. (2019). Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Kecamatan Terentang. Jurnal.Untan.Ac.Id/, 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/34103/75676582061

Widiati, U., Wulyani, A. N., El Khoiri, N., Hanifiyah, L., Nindya, M. A., & Sharif, T. I. S. T. (2021). English teachers’ conceptualization of foreign language literacy in relation to Indonesia’s Gerakan Literasi Sekolah (school literacy initiative). Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(1), 233–244. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i1.34586

Zuhra, F., & Safarati, N. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. Journal Ummat, 5(6), 5–12.

Downloads

Published

2023-12-10

Issue

Section

Articles