WORKSHOP PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PEDOMAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Authors

  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura
  • Agung Hartoyo STKIP Kumala Metro
  • Nurfadilah Siregar Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura
  • Revi Lestari Pasaribu Universitas Tanjungpura
  • Ahmad Yani T. Universitas Tanjungpura
  • Edy Yusmin Universitas Tanjungpura
  • Endar Sulistyowati Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.18050

Keywords:

MBKM curriculum, RPS, workshop.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendampingan penyusunan pedoman rencana pembelajaran semester (RPS) dalam menyikapi kebijakan kementerian pendidikan kebudayaan, riset, dan teknologi tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa pengembangan kurikulum baru terkhusus pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 tentang perihal RPS tersebut yang sangat penting dengan perkembangan kurikulum merdeka. Pengabdian ini berbentuk workshop atau pelatihan yang dilaksanakan di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar. Teknik dan instrumen pengumpul datanya berupa teknik interview, observasi, dan dokumentasi dengan alatnya berupa wawancara langsung, lembar pengamatan, dan dokumen-dokumen. Workshop ini diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan di kampus tersebut dengan model pelaksanaannya sebagai berikut: (1) hasil kegiatan pengabdian untuk dosen-dosen di UNU Kalbar yang bertujuan untuk mengembangkan pedoman RPS berbasis kurikulum MBKM telah berjalan dengan baik dan lancar; (2) terdapat produk yang sangat penting dan menjadi pedoman atau acuan yaitu draft panduan penyusunan RPS yang akan sudah disahkan.

 

Kata kunci: kurikulum MBKM; RPS; workshop.

 

ABSTRACT

The purpose of this service activity is to provide assistance in preparing semester learning plan (RPS) guidelines in responding to the policies of the ministry of education, culture, research, and technology regarding Merdeka Learning Independent Campus (MBKM) in the form of developing a new curriculum specifically in the odd semester of the 2022/2023 academic year regarding the RPS which is very important with the development of an independent curriculum. This service is in the form of a workshop or training held at the University of Nahdlatul Ulama (UNU) West Kalimantan. The techniques and instruments for collecting data are interview techniques, observation, and documentation with tools in the form of direct interviews, observation sheets, and documents. This workshop was attended by lecturers and education staff at the campus with the following implementation model: (1) the results of service activities for lecturers at UNU West Kalimantan which aim to develop RPS guidelines based on the MBKM curriculum have run well and smoothly; (2) there are products that are very important and become guidelines or references, namely the draft guidelines for preparing RPS which will be ratified.

 

Keywords: MBKM curriculum; RPS; workshop.

References

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dasrimin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Tengah Pandemi Covid-19: Antara Peluang Dan Tantangan. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4116

Dona Fitriawan. (2022). the Effect of Online Learning Using Online Media on Learning Achievement. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1546

Faulinda, E. N., & Aghni Rizqi Ni’mal, ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Fernandes, R. (2019a). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Fernandes, R. (2019b). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Socius (Jurnal of Sosiology Research Dan Education, 6(2), 31.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Husniati, R., Setiadi, I. K., Pangestuti, D. C., & Nugraheni, S. (2022). Tantangan Guru Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Di Era. Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Cummunity Services, 2(1), 134–145.

Maritim, A. (2021). Jakarta, N., Jaya, A., Pelaksana, O. T., Nidn, M. M., Studi, P., Pelayaran, K., & Ganjil, S. Laporan PKM.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, S. (2019). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 140–147. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.305

Penyusun, T. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Rahmad, R. (2021). Rencana Perkuliahan Semester (Rps) Sebagai Wujud Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia …. Prosiding Seminar Nasional …, 2, 73–91.

Republik Indonesia. (2012). UU No. 12 Nomor 2012. Undang Undang.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Universitas Tanjungpura. (2022). Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Pembelajaran/Penilaian Berbasis Masalah/Proyek Semester Genap Tahun AKdemik 2021/2022.

Wahyudi, W. E. (2020). Relasi Kurikulum dan Pembelajaran serta Kontekstualisasinya dengan Nilai-Nilai Multikultural. Kuttab, 3(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v3i2.99

Wawan dkk, A. (2020a). Pedoman Penyusunan RPS IAIMNU METRO.

Wawan dkk, A. (2020b). Pedoman Penyusunan RPS IAIMNU METRO.

Zulkifli, O. (2013). Belajar Bahasa Secara Holistik : Apakah Pandangan Murid? Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 102–117. https://doi.org/10.17509/bs

Downloads

Published

2023-12-03

Issue

Section

Articles