PENYULUHAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS HOSANA MEDAN

Authors

  • Aulia Putra Daulay Universitas Satya Terra Bhinneka
  • Sahat Raja Marigo Girsang Universitas Satya Terra Bhinneka
  • Muhtar Ardansah Munthe Universitas Satya Terra Bhinneka

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19163

Keywords:

education, environment, school, collaborate

Abstract

ABSTRAK

Lingkungan merupakan tempat yang harus diperhatikan dan dilestarikan, permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini banyak disebabkan oleh aktivitas manusia yang mengakibatkan rusaknya lingkungan. Kerusakan lingkungan yang terjadi harus memberikan pemahaman kepada setiap manusia terlebih terhadap siswa-siswi Sekolah Menengah Atas. Pemberian materi lingkungan hidup terhadap peserta didik SMA Hosana Medan yang meningkatkan pemahaman dan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar meraka dan lingkungan hidup seperti kerusakan hutan yang terjadi. Pengenalan lingkungan dilakukan dengan kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman dan kepedulian peserta terhadapa lingkungan. Kegiatan ini dimulai dengan pemberian materi oleh narasumber, selanjutnya melaksanakan pre-test sebelum pemberian materi dan melakukan post-test setelah pemberian materi, kemudian akan dilakukan analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan yang didapatkan dari penyuluhan ini yaitu meningkatnya pemahaman dan kepedulian peserta atas kerusakan lingkungan yang terjadi dan perlunya menjaga dan melestarikan lingkungan baik disekolah maupun dilingkungan pribadi siswa setelah dilakukan pemberian materi oleh narasumber.

 

Kata kunci: pendidikan; lingkungan; sekolah; kerjasama

 

ABSTRACT

The environment is a place that must be considered and preserved, many environmental problems that occur today are caused by human activities that result in environmental damage. Environmental damage that occurs must provide understanding to every human being, especially high school students. Provision of environmental materials to Hosana Medan High School students who increase their understanding and concern for the surrounding environment and the environment such as forest destruction that occurs. Environmental recognition is carried out with counseling activities that aim to find out how much understanding and concern participants have about the environment. This activity begins with the provision of material by the resource persons, then carrying out a pre-test before giving the material and conducting a post-test after giving the material, then data analysis will be carried out using the Paired Sample t-test. Based on the results of the analysis, the conclusion obtained from this counseling is the increased understanding and concern of participants for environmental damage that occurs and the need to maintain and preserve the environment both at school and in the student's private environment after the provision of material by the resource persons.

 

Keywords: education; environment; school; collaborate

Author Biographies

Aulia Putra Daulay, Universitas Satya Terra Bhinneka

Fakultas Pertanian dan Kehutanan

Sahat Raja Marigo Girsang, Universitas Satya Terra Bhinneka


References

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Ahmad Ali Nurdin, Aprillia Eka Saptaningrum, & Heny Kusmawati. (2023). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Journal of Student Research, 1(1), 271–281. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.986

Eka, K. I., & Suwarno. (2020). Implementasi Pendidikan Lingkungan dan Dampak Sikap Peduli Lingkungan Siswa pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 650–657.

FAJRI, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Sd/ Mi. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 46. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.477

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Putra, A. H., Oktari, F., & Putriana, A. M. (2019). Deforestasi dan pengaruhnya terhadap tingkat bahaya kebakaran hutan di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(2), 191–200.

Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B. U. B., Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., … Rezekiana, L. (2020). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839

Sari, T. H. (2019). Use of Social Media with Self-Concept and Social Adjustment of Adjustment of Adolescents at SMPN 2 Singingi Hilir Riau. 6(2), 45–52. https://doi.org/10.31227/osf.io/a5tby

Setiawan, E. (2022). Pengelolaan Dan Konservasi Satwa Berbasis Kearifan Lokal Di Taman Nasional Alas Purwo. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 8(2), 113. https://doi.org/10.29103/jsds.v8i2.8660

Simon, S. (2021). Peranan Pendidikan Agama Kristen Menangani Masalah Ekologi. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 17–35. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.60

Suaedi, & Tantu, H. (2016). Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. In IPB Press (Issue 3).

Vina NUR HIDAYAH, & Sufah Baedowi, F. (2020). Peran Plh (Pendidikan Lingkungan Hidup) Sma N 3 Klaten Era New Normal : Bertanam Dari Sekolah Menuju Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 21(02), 1–12. https://doi.org/10.21009/plpb.212.01

Widiyanto, B., Astuti, R. K., & Arfiani, Y. (2017). Program Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Duta Lingkungan Hidup Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 40. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.303

Downloads

Published

2023-12-10

Issue

Section

Articles