PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 08 MELAYU PANGKU RAYA

Authors

  • Asmawati Asmawati Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Agnetia Evelina Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Lutfia Putri Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Ida Ayu Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Reza Ramadani Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Farid Rahmatullah Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Marjuki Marjuki Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Erika Elsa Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Raudah Raudah Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Sartika Ningsih Institut Agama Islam Palangka Raya
  • Nadia Rapinah Institut Agama Islam Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19202

Keywords:

tutoring, implementing, elementary school student

Abstract

ABSTRAK

Bimbingan belajar kepada siswa dapat memotivasi siswa belajar walaupun berada di wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Hal ini dilakukan agar siswa lebih memahami pembelajaran ketika berada di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bimbingan belajar sehingga dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas 1-6 sekolah dasar. Jenis pengabdian ini adalah kualitatif. Hasil dari program pengabdian ini adalah bahwa siswa memerlukan bimbingan belajar di luar jam sekolah sebagai tambahan untuk memahami konsep pembelajaran dan dapat memperkuat pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang di rasa sulit sehingga saat pembelajaran di sekolah maka siswa lebih cepat tanggap terhadap pembelajaran. Dan juga meminimalisir kegiatan siswa yang tidak bermanfaat diluar jam sekolah.

 

Kata kunci: bimbingan belajar; penerapan; siswa sekolah dasar.

 

ABSTRACT

Tutoring students so as to motivate students about the importance of learning even though they are in the 3T area (disadvantaged, frontier and outermost). This is done so that students better understand learning when in class. This research aims to provide tutoring assistance so that it can help students who have difficulty in math lessons. The subjects of this study were students in grades 1-6 of elementary school. This type of research is qualitative research. The results of this study are that students need tutoring outside of school hours as an addition to understanding learning concepts and can strengthen students' understanding of learning that is difficult so that when learning at school, students respond more quickly to learning. And also minimize students' activities that are not useful outside of school hours.

 

Keywords: tutoring; implementing; elementary school student

Author Biography

Reza Ramadani, Institut Agama Islam Palangka Raya

 

 

References

Agustina, E., Rohmah, A., & Kuspiyah, H. R. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 1.

Darmayanti, N. W. S. (t.t.). Pendampingan Bimbingan Belajar DI Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa | NENGAH SUECA. Diambil 27 Oktober 2023, dari https://www.academia.edu/84200049/Pendampingan_Bimbingan_Belajar_DI_Rumah_Bagi_Siswa_SD_Dusun_Buruan_Tampaksiring_Untuk_Menumbuhkan_Motivasi_Belajar_Siswa

Effendi, Ayu, Kartikasari, Majidah, Putri, Pratiwi, Laraswati, Fitrianingsih, Ngelo, & Wahyuningtyas. (2023). Pendampingan Belajar untuk Mengatasi Kesulitan Belajar dan Pengerjaan Tugas pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang | Jurnal Anugerah. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah/article/view/5051

Jhon & Guetterman, Creswell, & Timothy. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson.

Novita, M. (2022). Definisi pendidikan menurut Ki hadjar dewantara. https://smkmucirebon.sch.id/definisi-pendidikan-menurut-ki-hajar-dewantara/

Sardiman. (2016). Interaksi Movitasi Belajar Mengajar.

Sebayang, H. (2022). Increasing Interest in Studying During the Covid 19 Pandemic with the Implementation of Fun Tutoring in Dusun II Peace Village. Journal of Indonesian Civil Society, 1.

Subdirektorat Statistik Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial. (2020). Statistik Penddikan 2020. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MzQ3Yzg1NTQxYzM0ZTdkYWU1NDM5NWEz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjAvMTEvMjcvMzQ3Yzg1NTQxYzM0ZTdkYWU1NDM5NWEzL3N0YXRpc3Rpay1wZW5kaWRpa2FuLTIwMjAuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMy0xMC0yOCAxMTo1OTo1NQ%3D%3D

Yoman, E. V., Daud, M. H., & Lidi, M. W. (2021). KKN-M Pemanfaatan Waktu Luang dengan Melakukan Bimbingan Belajar bagi Siswa di Desa Ndetundora 1 di Masa Pandemi Covid-19. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i4.1302

Zulfitria, A. (2019). PERAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI BIMBEL HIAMA– BOGOR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Downloads

Published

2023-12-12

Issue

Section

Articles