PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI NEARPOD SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA 5.0

Authors

  • Irma Darmayanti Universitas Amikom Purwokerto http://orcid.org/0000-0003-1747-4715
  • Dias Ayu Budi Utami Universitas Amikom Purwokerto
  • Pungkas Subarkah Universitas Amikom Purwokerto
  • Harun Alrasyid Universitas Amikom Purwokerto
  • Nikmah Trinarsih Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19219

Keywords:

nearpod, innovative, learning, technology.

Abstract

ABSTRAK

Pemanfaatan teknologi di era pandemi corona kemarin, mengubah sistem pembelajaran di Indonesia menjadi online/daring. Pemanfaatan gadget menjadi peran utama dalam proses pembelajaran melalui kelas online. Hal ini membuat siswa menjadi terbiasa belajar mandiri menggunakan teknologi yang mempunyai basic visual audio. Ketika pandemi usai, kegiatan belajar menjadi tatap muka membuat siswa menjadi kurang bersemangat karena harus beradaptasi kembali. Seperti hal nya yang dirasakan siswa SMK Bakti Purwokerto. Dengan permasalahan yang ada, maka kegiatan pelatihan penggunaan  teknologi Nearpod dilaksanakan dengan peserta pelatihan Bapak dan Ibu guru SMK Bakti Purwokerto sebagai inovasi pembelajaran dengan tujuan menjadikan siswa lebih termotivasi dalam belajar dan tujuan pembelajaran disekolah tercapai. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan model workshop. Pelatihan yang dimulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 1 September 2023 dikemas dalam bentuk ceramah dan praktek langsung oleh para peserta. Hasil evaluasi menunjukan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi pelatihan relatif kecil(28,44%), namun motivasi peserta cukup besar(89,29%) untuk dapat menerapkan Nearpod kedalam KBM.

 

Kata kunci: inovatif; nearpod; pembelajaran; teknologi.

 

ABSTRACT

The utilization of technology in the corona pandemic era has changed the learning system in Indonesia to online. The use of gadgets plays a major role in the learning process through online classes. This makes students accustomed to learning independently using technology that has a basic audio visual. When the pandemic is over, learning activities become face-to-face, making students less excited because they have to adapt again. This is what students of SMK Bakti Purwokerto feel. With the existing problems, training activities on the use of Nearpod technology were carried out with training participants Mr. and Mrs. teachers of SMK Bakti Purwokerto as a learning innovation with the aim of making students more motivated in learning and achieving school learning goals. The training was held for two days with a workshop model. The evaluation results show that the increase in participants' understanding of the training material is relatively small (28.44%), but the motivation of the participants is quite large (89.29%) to be able to apply Nearpod into KBM.

 

Keywords: nearpod; innovative; learning; technology.

Author Biography

Irma Darmayanti, Universitas Amikom Purwokerto

Dosen di Universitas Amikom Purwokerto

References

Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85.

Andini, A., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Screencast untuk Belajar Software Animasi 3D. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 297–305. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p297

Aslami, R. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI NEARPOD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 BOGOR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 [UIN SYARIF HIDAYATULLAH]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/65734/1/11180130000075_Raudhatul Aslami%28Watermark%29.pdf

Chairudin, M., Nurhanifa, Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, & Hadi, M. S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edusebagai Media Pembelajaran Matematikajenjang Smp/Mts. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 4(2), 1312–1318. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12881

Darmayanti, I., Hermanto, N., & Subarkah, P. (2023). PELATIHAN KODING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL. 7, 833–838.

Darmayanti, I., Subarkah, P., Anuggilarso, L. R., & Suhaman, J. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Daring Guna Menunjang Peran Orang Tua Dalam Pandemi Covid-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4895

Fitriani, N. (2020). Pembelajaran E-learning Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran di Era Digitalisasi. Bapelkes Provinsi NTB. https://dinkes.ntbprov.go.id/berita/pembelajaran-e-learning-sebagai-salah-satu-strategi-pembelajaran-di-era-digitalisasi/

Informatika, T., Teknik, F., & Negerimakassar, U. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran. 1(2), 143–150.

Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Masaliq, 3(5), 810–823. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Education Studies, 4(1).

Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975

Nyoman, N. A. S., Oka, D. N., & Made, N. W. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa. 5, 43–48.

Pugi Febriningrum, D., & Mastuti Purwaningsih, S. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10.

Putra, T. S. A. (2022). Pendidikan Kunci Utama Kemajuan Bangsa. DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15010/Pendidikan-Kunci-Utama-Kemajuan-Bangsa.html

Rahmawati, H. A., Anwar, W. S., & Mirawati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Tema Sungguh Kayanya Negeriku Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 16 No(1), 15–20.

Rizanta, G. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Senada (Seminar Nasional Daring), 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381/pdf

Wahyudi, Nurhidayah, D. A., Sumaji, & Febriyanti, D. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN NEARPOD SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MI MUHAMMADIYAH PONOROGO. MAFAZA, 2(2).

Wardinur, W., & Mutawally, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 167–182. https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.16422

Downloads

Published

2023-12-02

Issue

Section

Articles