PENGABDIAN MASYARAKAT “PROGRAM PELATIHAN DESAIN MENARIK DAN PEMASARAN DIGITAL DALAM BERWIRAUSAHA PADA DESA PILANGSARI”

Authors

  • Melia Handayani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Fajar Maulani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rubby Rahman Tsani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cynthia Vita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gadis Sari Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Sabrina Zahra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19318

Keywords:

trade, entrepreneurship, e-commerce, technology, packaging.

Abstract

ABSTRAK

Triwulan-3 tahun 2022 tercatat perkembangan ekonomi Indonesia. Sektor perdagangan muncul sebagai sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi ketiga sebesar 0,71%. Data ini mencerminkan berwirausaha semakin menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia sebagai sumber pendapatan mereka. Di era digital saat ini, peluang berwirausaha semakin besar, terutama dengan adanya platform E-commerce yang memungkinkan para pengusaha untuk memasarkan produknya ke seluruh wilayah Indonesia. Namun, masih ada sebagian masyarakat yang kesulitan mengikuti perkembangan zaman, terutama dalam hal desain pengemasan yang menarik, pemasaran digital, dan teknologi pengemasan yang aman untuk distribusi ke seluruh wilayah Indonesia. Rendahnya penjualan online dan teknologi pengemasan di Desa Pilangsari menunjukkan perlunya pelatihan. Untuk mengatasi permasalahan ini, metode yang dijalankan adalah melalui pengabdian kepada masyarakat di Desa Pilangsari. Program ini mencakup pelatihan desain pengemasan menarik, pemasaran digital, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan tentang teknologi digital dan teknologi pengemasan kepada peserta, sehingga mereka dapat menjadi wirausaha yang mampu beradaptasi dengan teknologi.

 

Kata kunci: perdagangan; wirausaha; e-commerce; teknologi; packaging.

 

ABSTRACT

The 3rd quarter of 2022 recorded Indonesia's economic development. The trade sector emerged as the third highest source of economic growth at 0.71%. This data reflects that entrepreneurship is increasingly becoming the main choice for Indonesians as their source of income. In today's digital era, the opportunities for entrepreneurship are getting bigger, especially with the existence of E-commerce platforms that allow entrepreneurs to market their products throughout Indonesia. However, there are still some people who have difficulty keeping up with the times, especially in terms of attractive packaging design, digital marketing, and safe packaging technology for distribution throughout Indonesia. The low level of online sales and packaging technology in Pilangsari Village indicates the need for training. To overcome this problem, the method is through community service in Pilangsari Village. The program includes training on attractive packaging design, digital marketing, training, mentoring, and evaluation. The goal is to provide knowledge about digital technology and packaging technology to participants, so that they can become entrepreneurs who are able to adapt to technology.

 

Keywords: trade; entrepreneurship; e-commerce; technology; packaging.

References

Badan Pusat Statistik :ekonomi Indonesia Triwulan III-2022

Sukardi, K, D. (2002). Pengantar Pelaksanaan

Anggito, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Asrori, M. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS.(P. s SUKSES, Ed.) Bandung: PT SANDIARTA SUKSES.

Djalal, F. (2017). Optimasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran.

Helaludin., & Wijaya Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Wekke, I, S. (2022). METODE PENGABDIAN MASYARAKAT DARI RANCANGAN KE PUBLIKASI. Indramayu: Penerbit Adab.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles