“RATU DONGENG” ANTIBULLYING DALAM PENDAMPINGAN P5 DI DESA BESAKIH, KECAMATAN RENDANG, KARANGASEM

Authors

  • I Nengah Sueca ITP Markandeya Bali
  • I Nyoman Sudirman ITP Markandeya Bali
  • Cardian Althea Sthephanie Lahallo ITP Markandeya Bali
  • I Wayan Sukawana ITP Markandeya Bali
  • Ni Wayan Novita ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19509

Keywords:

ratu dongeng, antibullying, profil pancasila.

Abstract

ABSTRAK

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi prioritas utama dalam dunia pendidikan karena banyaknya penyimpangan karakter, seperti kekerasan, intoleransi, dan maraknya bullying di lingkungan sekolah. Bullying merupakan perilaku yang tidak diharapkan terutama pada lingkungan sekolah karena bully termasuk salah satu perilaku agresif. Selain rendahnya pendidikan guru dan lokasi sekolah di pelosok, PWP Surya Dhyana Kresna juga mengalami masalah keterbatasan fasilitas pembelajaran, keterbatasan media pembelajaran, serta permasalah bullying. Kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan, jika tidak diberikan edukasi sedini mungkin kepada siswa, orang tua, dan guru tentang bahaya bullying. Untuk mengatasi hal itu, perlu dilakukan pengabdian “Ratu Dongeng†Anti-bullying. Program ini bertujuan untuk menguatkan P5 dan mencegah bullying yang terjadi di PWP Surya Dhyana Kresna, serta meningkatkan keterampilan guru dalam manajemen kelas. Metode Pengabdian ini dilaksanakan melalui metode PALS (participatory action learning system). Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksaan pengabdian masyarakat ini dapat mengatasi permasalahan manajemen kelas yang dialami oleh guru-guru PWP Surya Dhyana Kresna, (2) pengabdian masyarakat ini dapat mengatasi bullying dan dapat meningkatkan pemahaman guru, orang tua, serta siswa dalam penguatan karakter, serta penguatan profil pelajar pancasila (P5).

 

Kata kunci: ratu dongeng; antibullying; profil pancasila.

 

ABSTRACT

The Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students (P5) is a top priority in the world of education because of the many character deviations, such as violence, intolerance and widespread bullying in the school environment. Bullying is unwanted behavior, especially in the school environment because bullying is an aggressive behavior. Apart from low teacher education and school locations in remote areas, PWP Surya Dhyana Kresna also experiences problems with limited learning facilities, limited learning media, and bullying problems. This condition is very worrying, if education is not provided as early as possible to students, parents and teachers about the dangers of bullying. To overcome this, it is necessary to carry out anti-bullying "Fairy Tale Queen" services. This program aims to strengthen P5 and prevent bullying that occurs at PWP Surya Dhyana Kresna, as well as improving teacher skills in classroom management. This service method is implemented through the PALS (participatory action learning system) method. The results of this service show that (1) the implementation of this community service can overcome classroom management problems experienced by PWP Surya Dhyana Kresna teachers, (2) this community service can overcome bullying and can increase understanding of teachers, parents and students in strengthening character, as well as strengthening the profile of Pancasila Students (P5).

 

Keywords: ratu dongeng; antibullying; profil pancasila.

Author Biography

I Nengah Sueca, ITP Markandeya Bali

References

Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, D., & Usia, A. (2020). Pada Anak Usia Dini.

Maghfiroh, N. T., & Sugito, S. (2021). Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2175–2182. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1845

Mahardika, A. (2017). Implementasi Program Antibullying Di “Tk Sekolahku My School†Sleman. Implementasi Program Kis, 7(4), 212–225.

Nadi, N. K. A. S., Adiwijaya, P. A., Arna, M. A. S., & Sueca, I. N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Program “Ratu Dongeng†di Desa Pempatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7701–7707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3673

Rachmah, D. N., Zwagery, R. V., Widyawati, W., Munajat, R. H., & Noor, M. I. N. I. (2022). Penyuluhan ke Orangtua Mengenai Dampak dan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1), 71. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6818

Sueca, I. N., Artajaya, G. S., & Janawati, D. P. A. (2022). Pendampingan Program Literasi Berbasis “Ratu Dongeng†Dalam Penguatan Gerakan Literasi Sekolah. Madaniya, 3(3), 477–484. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/234%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/download/234/146

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles